• Novi Amaliyah

Pear Charlotte



Crème Patissiere


Bahan:

500 ml Susu

½ btg Vanilla Pod

5 btr Kuning Telur

125 gr Gula Kastor

25 gr Terigu

25 gr Tepung Maizena


Cara membuat:

1. Panaskan susu dan vanilla pod hingga mendidih dengan api kecil sambil diaduk perlahan, setelah itu angkat dan biarkan dingin.

2. Kocok kuning telur kemudian masukkan gula, kocok hingga putih dan kaku, masukkan tepung terigu dan maizena aduk rata.

3. Masukkan sebagian adonan susu dan vanilla ke dalam adonan tepung sambil diaduk perlahan.

4. Panaskan kembali adonan susu, masukkan sisa adonan tepung sambil terus diaduk hingga adonan menjadi bergelembung dan kental. Masak selama ± 1 menit sambil terus diaduk. Setelah itu tuang ke dalam wadah tutup permukaan dengan plastik atau cling wrap, dinginkan selama ± 2 jam dalam lemari pendingin.


Lady Fingers


Bahan:

135 gr Tepung Protein Sedang

6 btr Kuning Telur

1 sdt Vanilla Extract

115 gr Gula Pasir

gula Bubuk secukupnya untuk dusting


Cara membuat:

1. Kocok kuning telur dan vanilla dengan kecepatan tinggi ± selama 8 menit, hingga adonan berubah warna menjadi putih. Sisihkan.

2. Di tempat terpisah, kocok putih telur dan gula hingga kaku. Aduk menggunakan spatula agar tercampur rata.

3. Ambil adonan kuning telur menggunakan scraper, tuang ke dalam adonan putih telur kemudian aduk balik adonan hingga tercampur rata.

4. Tuang terigu kemudian aduk lipat adonan perlahan. Tuang adonan ke dalam piping bag, semprotkan adonan seperti lady fingers siap pakai. Tuang adonan dengan Loyang bulat diameter 20 cm untuk bagian dasar dusting dengan gula halus, biarkan selama 1 menit. Dusting untuk kedua kalinya. Panggang dengan suhu 180°C hingga berwarna kecokelatan ± 10 menit.


Layering


Bahan:

500 gr Whipped Cream

100 gr Gula Pasir


Cara membuat:

1. Kocok kuning whipped cream hingga mengental kemudian tambahkan gula sedikit demi sedikit, setelah cream mengental campur dengan crème patissiere, tambahkan potongan buah pear kalengan, aduk rata.

2. Susun bagian bawah cake kemudian basahi dengan syrup dari buah pear kalengan yang sudah disisihkan sebelumnya. Susun lady fingers yang sudah dicelup ke dalam syrup buah pear mengelilingi cake dengan bantuan cetakan bulat. Tuang adonan adonan yang sudah dicampur sebelumnya. Beri garnish dengan potongan buah pear di atasnya.

© 2019 yukmakan channel