© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Peduli Kesehatan & Terus Eksplorasi Sajian Indonesia

Mungkin sebagian masih ingat dengan public figure bernama Erwin Parengkuan. Sebagai seorang presenter atau pembawa acara, wajahnya dulu kerap berseliweran di layar kaca. Kini, suami dari Jana Parengkuan itu lebih banyak membawakan acara offair dan disibukkan dengan bisnis yang tengah dikelolanya.



Disinggung mengenai kuliner, Erwin mengaku cinta pada makanan namun tak lantas membuatnya melupakan masalah kesehatan. Demikian seriusnya dengan kesehatan tubuh, hingga membuatnya tidak pernah lupa membawa bekal berupa nasi hitam dan sekotak besar isi buah segar setiap harinya. Buah potong yang biasa dijadikan camilan ada banyak, mulai dari jambu, nanas, jeruk, pepaya, melon, dan lainnya.


“Jika dulu nasi merah yang saya bawa, tapi sekarang sudah pindah ke nasi hitam. Karena ternyata index glisemicnya nasi hitam lebih rendah. Pergantian ke nasi hitam ini berjalan selama beberapa tahun ini,” terang Erwin yang juga mengimbangi dengan olah raga rutin dan hanya makan gorengan ketika hari weekend saja.



Erwin mengakui jika dirinya sangat suka dengan sajian khas Indonesia. Dan untuk lebih mengeksplor hidangan tradisional Indonesia, biasa ia lakukan dengan cara mengunjungi pasar tradisional tiap kali pergi ke suatu daerah. “Buat saya, eksploring local food di Indonesia itu banyak sekali. Misal Rujak Pindang dari Bali dan berbagai daerah lainnya. Hal itu sangatlah menarik. Dan itu semua bisa didapat di local market,” terang Erwin yang menjadikan Ikan Kuah Asam bikinan ibunda sebagai makanan favoritnya sejak ia kecil.



Foto.Dok.Istimewa