• Maria Yuliana Kusrini

Pempek Expo Ramaikan Beli Kreatif Sumatera Selatan di Summarecon Mall Serpong


Summarecon Mall Serpong (SMS) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menghadirkan pameran produk kreatif dan kuliner dari UMKM Indonesia. Berlangsung pada tanggal 14-18 September 2022 lalu, pameran produk kreatif dan kuliner yang dihadirkan berasal dari wilayah Sumatera Selatan. Mengusung tema 'Beli Kreatif Sumatera Selatan' atau BKSS, event seru ini pun diramaikan dengan pameran kuliner bernama Pempek Expo.



BKSS ini berlangsung di area Atrium Circle dan Broadway SMS yang diisi oleh lebih dari 30 tenant. Pada Pempek Expo, pengunjung bisa mengeksplorasi citarasa pempek otentik dan asli Palembang. Pada moment ini ada 6 ton pempek dan berbagai macam makanan otentik Sumatera Selatan lainnya yang disuguhkan. Pengunjung pun bisa mencicipi dan menyantap sajian khas Sumatera Selatan, khususnya olahan pempek. Dibawa langsung dari tanah asalanya, pempek yang menjadikan ikan sebagai bahan bakunya itu dipadukan dengan kuah cuko otentik bercitarasa asam, pedas, dan gurih di lidah.


Acara yang diinisiasi untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini turut menampilkan produk-produk UMKM terkurasi dari tiga sektor ekonomi kreatif, yakni Fashion, Kriya, dan Kuliner. Dalam rangkaian acaranya, BKSS diisi dengan beragam kegiatan menarik seperti pameran produk kreatif, diiringi hiburan dari musik etnik Sumatera Selatan. Wastra tradisional khas Bumi Sriwijaya mulai dari kain songket Palembang, jumputan, blongsong, angkinan, serta kain dan produk kreatif tradisional lainnya dapat ditemui di pagelaran BKSS ini.



“Beli Kreatif Sumatera Selatan merupakan acara yang kami selenggarakan bersama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk memperkenalkan dan mendukung UMKM produk-produk kreatif serta kuliner Sumatera Selatan. Sumatera Selatan memiliki banyak kekayaan budaya yang mempunyai nilai seni dan ekonomi tinggi seperti kain songket, serta kulinernya yang sangat terkenal seperti pempek, tekwan, dan masih banyak lagi,” terang Tommy selaku Center Director Summarecon Mall Serpong.