• Maria Yuliana Kusrini

Pesona Ramen dari Daerah Tohoku

Meski asal muasalnya dari China, namun menu ramen sudah menjadi salah satu menu khasnya Jepang. Olahan yang menjadikan mi sebagai bahan utamanya yang dipadukan dengan aneka topping dan kuah ini dikenal akan citarasanya yang sedap. Di seantero Jepang sendiri, masing-masing daerah punya kekhasan pada olahan ramennya. Misalnya saja untuk ramen yang ada di daerah Tohoku, punya beberapa pilihan ramen berbeda. Masing-masing dibedakan pada jenis kuah yang digunakan serta topping penyertanya.



Berikut ini beberapa varian ramen yang bisa ditemukan di wilayah Tohoku.

1. Tsugaru Ramen

Ramen yang satu ini berasal dari Kota Hirosaki. Ramennya menggunakan kuah rasa kecap asin atau shoyu yang dipadukan dengan kaldu niboshi dan tulang ayam.


2. Sendai Ramen

Sesuai dengan namanya, ramen ini berasal dari Kota Sendai. Kuahnya memiliki citarasa yang begitu sedap. Sebagai bahan kuahnya menggunakan miso yang diproduksi asli di Kota Sendai.


3. Sakata Ramen

Mirip dengan ramen Tsugaru, ramen ini juga menggunakan kuah dengan basic rasa kecap asin. Kuah ini pun dipadukan dengan mi yang dibuat secara homemade. Sehingga untuk tekstur, tingkat kekenyalan, dan tampilannya pun begitu menarik dan sedap untuk disantap. Sakata Ramen ini pun berasal dari Kota Sakata.


4. Yonezawa Ramen

Ramen yang berasal dari Kota Yanezawa ini menjadikan kuah rasa kecap asin sebagai basicnya. Meski demikian, citarasa khas dari penggunaan kecap asin itu tidak terlalu mendominasi atau tidak begitu tajam.


5. Shirakawa Ramen

Khusus untuk ramen ini, menggunakan kuah dengan rasa kecap asin yang rasa asinnya lebih kuat jika dibandingkan dengan Yonezawa Ramen. Sekilas, citarasa ramen ini mirip dengan Tokyo Ramen. Untuk penggunaan mie-nya, ramen asal Kota Shirakawa ini menggunakan olahan mie yang sebagian besar dibuat dengan tangan, bukan dibuat menggunakan mesin.


6. Kitakata Ramen

Kitakana Ramen yang berasal dari Kota Kitakana ini menjadi salah satu dari 3 jenis ramen yang begitu disukai oleh orang Jepang. Kuah yang digunakan pada ramen ini umumnya berupa air yang diambil dari sumber air bawah tanah. Sehingga memiliki citarasa yang lebih segar.