• Novi Amaliyah

Petit Fours, Kudapan Imut Khas Perancis



Di Perancis petit fours juga dikenal sebagai mignardises yang diartikan sebagai kembang gula berukuran kecil atau appetizer gurih. Petite fours sendiri dalam bahasa Perancis berarti oven kecil. Petit fours secara tradisional dibuat di oven yang lebih kecil.


Pada abad ke-18 beberapa tukang roti membuat petit fours selama proses pendinginan oven batu bata berbahan bakar batubara untuk memanfaatkan panas yang masih tersimpan dari sisa pemanggangan sebelumnya, sehingga memanfaatkan suhu pembakaran tinggi batubara dan menghemat biaya tinggi yang relatif terhadap kayu.


Pada abad ke-19 di Prancis orang banyak menggunakan oven pembuat roti yang hanya memiliki dua pengaturan, pengaturan panas yang sangat kuat dan tinggi yang digunakan untuk memanggang daging dan sayuran, atau pengaturan petit fours, suhu yang lebih rendah yang digunakan untuk memanggang aneka kue.


Petit fours terbagi menjadi tiga jenis

  • Glacé (glazed), kue-kue kecil yang diapit atau dihias dalam fondant atau icing, seperti éclairs kecil, dan tartlets

  • Salé (asin), makanan pembuka berukuran bite size, gurih yang biasanya disajikan di pesta koktail atau buffet

  • Sec (kering), biskuit mungil, baked meringue, macarons, dan puff pastry. Di cake shop Perancis sendiri berbagai sajian hidangan penutup ini biasanya disebut mignard sedangkan biscuit yang keras, buttery disebut petit fours.


Petit four lazim disajikan pada hidangan buffet di berbagai hotel yang ditata cantik sedemikian rupa untuk memanjakan tamu yang menikmati hidangan buffet hotel sehingga lebih istimewa. Di Indonesia sendiri selain hadir di berbagai buffet hotel berbintang, petit four sering dijadikan pilihan sebagai kudapan di berbagai pesta maupun acara.


Porsinya yang kecil bite size membuat petit four dijadikan pilihan sebagai teman menikmati secangkir teh maupun kopi. Pemilihan petit fours sebagai sajian dalam berbagai acara adalah karena tampilannya yang menarik dan cantik. Beberapa cake shop dan online shop pun menerima layananan pembuatan petit fours bahkan beberapa sudah menyediakan paket petit fours untuk kebutuhan berbagai acara. Di Indonesia pilihan produk petit four juga bisa disesuaikan dengan selera seperti memadukan ragam pilihan jajanan tradisional khas Indonesia yang otentik dengan tampilan cantik dan menarik.



© 2019 yukmakan channel