• Novi Amaliyah

Pilih Baking Powder atau Baking Soda



Untuk kamu yang sering membuat kue pasti pernah menemukan beberapa resep yang menyebutkan untuk menggunakan baking soda sementara resep lainnya menuntut untuk menggunakan baking powder. Penggunaan kedua bahan ini tergantung tujuan utama saat kita membuat kue, yaitu untuk membuat cake atau kue. Selain rasanya yang lezat tapi juga bentuk dan tekstur mengembang dengan sempurna. Penggunaan baking soda bisa menghasilkan rasa yang getir kecuali jika ditutup oleh bahan lain yang asam seperti buttermilk. Umumnya baking soda dijumpai pada resep-resep kue kering. Sementara baking powder sudah mengandung keduanya yaitu bahan basa dan bahan asam sehingga secara keseluruhan akan memberikan efek netral pada cake yang dihasilkan. Resep-resep yang menggunakan baking powder seringkali memakai bahan-bahan netral, seperti susu. Baking powder merupakan bahan tambahan yang umumnya ditambahkan pada cake dan biskuit.

Pengganti Baking Powder&Baking Soda Pada Resep Jika saat akan membuat cake ataupun kue kamu kehabisan baking soda, kamu bisa mengganti baking soda dengan baking powder tentu saja diperlukan takaran baking pwder lebih banyak dan ini bisa mempengaruhi rasa cake yang kamu buat. Baking powder bisa menggantikan baking soda, tetapi tidak bisa menggunakan baking soda untuk menggantikan baking powder.


Baking soda sendiri jika tanpa campuran bahan asam tidak akan membuat cake mengembang. Jika kebetulan tidak memiliki baking powder di rumah, kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan baking soda dan cream of tartar. Porsinya, 2 bagian cream of tartar untuk 1 bagian baking soda.

© 2019 yukmakan channel