top of page
  • Maria Yuliana Kusrini

Purple yam Cake

Resep dibuat oleh Chef Farah Quiin


Bahan:

1 cup Ubi Ungu, kukus lalu haluskan

1 cup Tepung Terigu

½ cup Gula

½ cup Putih Telur

¾ cup Air

¼ cup Minyak Goreng

2 sdm Tepung Maizena

1 ½ sdt Baking Powder

½ sdt Garam

½ sdt Pewarna Ungu

⅛ sdt Krim Tartar

3 bh Kuning Telur


Bahan Cheese Frosting:

250 gr Krim Keju

½ cup Unsalted Butter

2 cup Gula Halus

1 sdt Ekstrak Vanila


Cara Membuat:

1. Campurkan ubi yang sudah dihaluskan dengan air, sisihkan.

2. Ayak tepung terigu, tepung maizena, baking powder, dan gula dalam mangkok besar. Kemudian tambahkan minyak goreng, kuning telur, campuran ubi, dan pewarna ungu. Kocok hingga tercampur rata dan tidak lengket.

3. Masukkan putih telur dan krim tartar lalu kocok hingga mengembang, kemudian tambahkan gula perlahan, kocok hingga kaku. Tuang putih telur ke adonan tepung terigu, aduk dengan teknik melipat agar udara tidak banyak masuk ke dalam adonan. Bagi adonan menjadi 2 bagian.

4. Tuangkan adonan ke dalam loyan yang telah diolesi mentega kemudian panggang dengan suhu 180° selama 35 menit.

5. Untuk membuat frosting, kocok krim keju dan gula halus dengan menggunakan mixer, tambahkan vanilla dan butter. Kocok hingga semuanya tercampur rata.

6. Jika cake sudah dingin, potong cake secara horizontal menjadi 4 lapis. 1 lapis disimpang sebagai crumble. Ambil 1 lembar cake lalu olesi dengan froting kemudian tumpuk dengan cake lainnya. Lakukan hingga mencapai lapis ketiga.

7. Terakhir, tutup permukaan cake dengan cheese frosting hingga rata, lalu taburi dengan crumble. Hias dengan sisa frosting. Cake siap disajikan.

bottom of page