• Maria Yuliana Kusrini

Rahasia Opor Lezat ala Bara Pattiradjawane

Kini kita sedang di masa Ramadhan. Dan nantinya akan disongsong hari Idul Fitri yang begitu ditunggu-tunggu oleh sebagai besar masyarakat Indonesia, khususnya yang beragama Islam. Di masa seperti ini, terlebih saat perayaan tiba, beraneka ragam hidangan lezat pun turut dihadirkan. Opor salah satunya.


Opor ini menjadi salah satu makanan wajib dihampir seluruh rumah, khususnya di wilayah Jawa. Itu karena citarasa opor yang demikian lezat dan cocok jika disandingkan dengan ketupat ataupun nasi. Opor yang biasanya berkuah santan dimasak menggunakan bumbu rempah yang banyak dan komplit, jadi wajar jika rasa demikian enak. Opor biasanya terbuat dari daging ayam, namun banyak pula yang menambahkan dengan tahu, tempe, telur, daging, dan lainnya.

Chef ternama Bara Pattiradjawane pun memberikan tips memasak opor yang enak dan praktis. Berikut ini beberapa bocorannya.

· Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah penggunaan bahan bakunya. Misalnya, pilihlah daging ayam yang segar.

· Jika ingin membuat opor ayam, penggunaan ayam kampung organik lebih disarankan. Itu karena daging ayam kampung terasa lebih gurih dan memiliki citarasa yang lebih kuat jika dibandingkan dengan ayam negri.

· Gunakan santan dari kelapa asli (yang diperas sendiri) untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

· Pastikan kualitas bahannya pilihan dan terjaga dengan baik. Alhasil opor yang dimasak akan terasa nikmat.

Apabila tips tersebut diaplikasikan ketika memasak opor, alhasil opor spesial pun akan didapatkan. Opor lezat pun siap untuk dijadikan sebagai menu buka puasa ataupun menu wajib saat Hari Raya Idul Fitri tiba.

Foto: Dok. Istimewa & Dok. Yukmakan

© 2019 yukmakan channel