• Novi Amaliyah

Raita, Saus Cocolan Berbahan Sayur dan Buah Khas India


Sajian India dikenal dengan kandungan bumbu dan rempahnya yang kuat, terkadang tidak semua orang suka dengan citarasa dan aroma terlalu pekat. Selain sajian dengan bumbu dan rempah yang pekat, ternyata India juga punya sajian yang cukup bersahabat dengan bumbu lebih ringan seperti raita.


Raita adalah saus yang terbuat dari yogurt dan rempah-rempah yang dicampur dengan sayuran mentah atau dimasak, terkadang juga menggunakan buah. Tak hanya jadi sajian khas India, raita dijadikan sebagai lauk di Pakistan dan Bangladesh. Bahan utama untuk membuat raita adalah yogurt dengan paduan bumbu dan rempah serta sayur maupun buah.


Berbagai macam bumbu bisa ditambahkan saat membuat raita, tergantung pada resep atau daerah asalnya. Bumbu rempah yang biasanya ditambahkan untuk membuat raita antara lain biji jintan panggang, mint, chaat masala, atau ketumbar. Ketumbar adalah pengganti rasa lain yang menarik untuk raita. Ada banyak ragam raita yang bisa dibuat paduan, antara lain seperti raita kentang dan raita labu hingga raita wortel dan raita bit.


Raita juga biasa dipadukan dengan aneka buah-buahan seperti, alpukat, mangga, pisang, dan delima adalah beberapa ragam raita berbasis buah yang biasa digunakan. Untuk penyuka citarasa pedas, bisa ditambahkan lebih banyak bumbu cabai merah dan cabai hijau cincang.


Alpukat raita adalah guacamole versi India dan rasanya nikmat untuk dipadukan dengan apa saja. Raita digunakan untuk mendinginkan atau mengkontraskan bumbu pedas dalam kari dan kebab dalam masakan Asia. Di India, sebagian besar digunakan sebagai saus cocolan dan sering dipasangkan dengan keripik atau roti pipih, bersama dengan chutney dan acar.

© 2019 yukmakan channel