• Novi Amaliyah

Rajin Lari, Melani Putria Terapkan Diet Seimbang



Sempat membenci olahraga, Melanie Putria Dewita Sari atau yang dikenal dengan Melani Putria sempat mengalami preeklamsia dan baby blues bahkan mengacu pada Postaprtum Depression pasca melahirkan putra semata wayangnya, Sheemar Rahman Puradiredja di tahun 2011. Menjadikan olahraga sebagai salah satu upaya yang membantunya untuk mengatasi baby blues.


Berawal dari rasa tertariknya untuk mengikuti sebuah komunitas lari yang akhirnya membuat wanita kelahiran 17, April 1982 ini jatuh cinta dengan olah raga satu ini. Menurutnya dari menggeluti olahraga lari inilah merubah hidupnya setelah mengalami baby blues dan Postpartum Depression menjadi lebih positif serta mengembalikan kepercayaan dirinya. Baby Blues dan Postpartum Depression merupakan gangguan emosional yang sering dialami wanita pasca melahirkan ditandai dengan berbagai gejala seperti perubahan emosional, berkurangnya nafsu makan, atau makan berlebihan hingga kesulitan tidur atau insomnia.


Di tahun 2012 menjadi titik balik bagi Melani Putria pasca mengikuti Singapura Marathon. Meski masih dalam masa menyusui, penyiar I-radio ini berhasil menginjak garis finish. Kini olahraga dan lari seolah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari mantan Putri Indonesia 2002 ini. Dengan padatnya aktivitas sehari-hari, wanita yang mengaku sudah pernah mencoba berbagai macam diet ini sekarang lebih menerapkan diet seimbang.



Dimana setiap orang harus memperhatikan sendiri kebutuhan gizinya, kebutuhan ini didasarkan pada aktivitas dan kebutuhan nutrisi harian, dimana akan berbeda untuk setiap orang. Yang harus diperhatikan dari Pedoman Gizi Seimbang ini adalah variasi makanan dimana sebaiknya mengonsumsi sayuran dan buah yang bervariasi dan berwarna setiap harinya, kemudian pentingnya pola hidup bersih, pentingnya pola hidup aktif dan olahraga, serta memantau berat badan ideal.


“Sejak tahun 2012, saya sudah menerapkan diet seimbang. Awalnya memang agak susah, karena saya yang awalnya takut makan karbohidrat dan lemak tapi dulu malah sering sakit. Diet seimbang yang paling sesuai untuk saya,” jelas wanita yang gemar berenang dan bersepeda ini.


Untuk makanan Melani mengaku lebih banyak mengonsumi makanan padat gizi seperti sayuran dan buah serta karbohidrat kompleks yang lebih kaya serat. Sedangkan untuk sarapan, wanita berdarah Minang ini cukup dengan mengonsumsi setangkup roti gandum. Sekali-kali cheating, sebagai orang Padang, rendang adalah salah satu makanan favoritnya.

© 2019 yukmakan channel