• Maria Yuliana Kusrini

Red Curry Beef on Crispy Rice Cakes

Resep dibuat oleh Chef Sarah Benjamin



Bahan:

2 cup Nasi Jepang

2 cup Air

1 cup Santan

3 bh Daun Jeruk Purut, iris halus

3 bh Daun Basil, iris

2 bh Steak Sapi ukuran besar

1 bh Jeruk Nipis, potong jadi beberapa bagian

3 sdm Gula Kastor

3 sdm Minyak Goreng

3 sdm Kecap Asin

2 sdm Cuka Beras Jepang

1½ sdm Gula Merah

1½ sdm Kecap Ikan

Garam secukupnya


Bahan Bumbu Halus:

5 bh Cabai Merah Besar Kering, buang biji dan rendam dalam air

5 bh Bawang Putih

4 bh Cabai Rawit

2 bh Serai, cincang

1 bh Bawang Merah, cincang kasar

2 sdm Jinten Bubuk

1 sdm Ketumbar Bubuk

1 sdt Garam

1 sdt Pasta Udang

½ sdt Lada Hitam Bubuk

15 cm Lengkuas, kupas

2 bh Kulit Jeruk Purut


Cara Membuat:

  1. Untuk membuat kue berasnya, campurkan 2 sendok makan gula kastor, garam, dan cuka beras menjadi satu sampai semuanya larut. Lalu, campurkan ke nasi Jepang yang baru saja matang. Basahi tangan sedikit, ambil segenggam kecil nasi lalu bentuk persegi panjang layaknya nasi sushi. Lakukan hingga semua nasinya habis.

  2. Panaskan wajan di atas api sedang-tinggi, masukkan satu sendok makan minyak ke dalamnya. Goreng kue beras selama 1 menit di setiap sisinya atau sampai agak garing.

  3. Campurkan setengah sendok makan kecap ikan, 1 sendok makan gula pasir, dan 2 sendok makan kecap asin. Aduk hingga semuanya tercampur rata dan gula pasir larut sempurna. Oleskan campuran ini ke semua sisi kue beras, lalu panaskan kembali dalam wajan dan masak dengan api sedang agar karamel di semua sisi. Sisihkan kue berasnya.

  4. Panggang steak sapi sebentar, lalu keringkan bagian luarnya dengan kertas dapur. Panaskan minyak dalam wajan dengan api besar, goreng steak selama 4-5 menit dengan membaliknya setiap 20 detik atau sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Angkat dan diamkan selama 5-10 menit. Potong steak menjadi ukuran sekitar 1 cm.

  5. Untuk membuat saus karinya, panaskan minyak dalam wajan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum dan matang. Ketika minyak sudah mulai muncul ke permukaan, masukkan gula merah dan kecap ikan, aduk rata. Tambahkan santan dan garam, didihkan. Ketika sudah mendidih, kecilkan api dan tutup panci selama 15-20 menit, sampai sausnya menebal. Tambahkan dengan irisan daun jeruk purut. Sisihkan hingga dingin.

  6. Untuk cara penyajiannya, letakkan kue beras di atas piring, beri sepotong steak di atasnya. Lalu tambahkan saus kari merah di bagian atasnya. Hiasi dengan daun potongan daun basil. Sajikan bersama dengan irisan jeruk nipis.