• Maria Yuliana Kusrini

Richard Kyle Memilih Jadi Pescatarian

Jika ditanya, semua orang pasti suka makan. Begitu juga dengan Richard Kyle, salah satu tokoh publik di Indonesia. Meski mengakui jika dirinya suka makan, namun Richard tetap menjaga dan mengatur konsumsi makannya selama ini. Selama setahunan ini, pria bertubuh tinggi atletis ini mengaku dan memilih jadi seorang pescatarian.



Pescatarian adalah pola makan yang tidak lagi mengonsumsi daging, akan tetapi masih makan ikan, seafood lainnya, telur, susu, ataupun keju. Pola makan ini dipilih Richard karena dirinya ingin menjaga kesehatan tubuhnya. Tak hanya itu saja, hal itu ia pilih sebagai salah satu kepeduliaannya dan kecintaannya pada binatang.



"Jadi udah nggak makan daging merah. Tapi aku masih makan ikan, seafood, sayuran, dan jenis makanan lain. Awalnya agak sulit sih. Sudah setahun ini. Tujuannya untuk menjaga kesehatan dan aku juga seorang animal activis. Tapi aku tetap support meat industry ya," jelas pria berdarah campuran Indonesia - Australia ini.

Meski memang sudah tidak mengonsumsi daging lagi, namun Richard tetap bisa menikmati veganmeat. Yakni olahan yang tampilan dan rasanya menyerupai daging pada umumnya, namun sebenarnya itu bukan berasal dari daging binatang melainkan terbuat dari olahan jamur. Olahan yang juga bisa disebut sebagai daging palsu ini biasa Richard nikmati sebagai patty dalam komposisi menu burger. "Daging palsu dibikin burger, bukan daging asli ya tapi rasanya kayak daging asli. Teman aku ada juga yang masak jadi rendang tapi dagingnya dari jamur dan itu pas dimakan rasanya beneran seperti daging rendang," tambahnya.

© 2019 yukmakan channel