top of page
  • Novi Amaliyah

Ring Onion Krispy


Ring Onion Krispy
Ring Onion Krispy

Bahan

4 bh Bawang bombai manis ukuran besar 700 ml susu, atau buttermilk 1 ltr Minyak sayur, untuk menggoreng 85 gr Tepung jagung kuning 213 gr Tepung terigu serbaguna, dibagi 1/4 sdt Garam 1/8 sdt Lada hitam yang baru digiling 2 sdm Shortening (mentega putih), lelehkan 1 btr Telur besar, kocok lepas 300 ml Susu


Cara membuat

  1. Kupas bawang dan iris menjadi lingkaran setebal 1/4 inci, pisahkan masing-masing potongan.

  2. Tuangkan susu atau buttermilk ke dalam mangkuk besar yang lebar, masukkan potongan bawang dan biarkan terendam selama 15 hingga 20 menit.

  3. Panaskan sekitar 1 liter minyak sayur dalam wajan.

  4. Sementara di wadah lain, campurkan tepung jagung dengan 85 gr tepung terigu serbaguna, garam, merica, shortening yang sudah dilelehkan, telur, dan 300 ml susu. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

  5. Masukkan sisa tepung terigu serbaguna ke dalam mangkuk lain.

  6. Angkat bawang dari susu rendaman kemudian gulingkan terlebih dahulu ke dalam tepung terigu lalu celupkan ke dalam adonan cair campuran tepung jagung dan susu untuk melapisi.

  7. Goreng dalam minyak panas selama 2 hingga 3 menit, atau sampai berwarna cokelat keemasan. Pastikan minyak berada pada suhu yang tepat dan jangan goreng telalu banyak di dalam wajan agar hasil gorengan sempurna dan garing.

  8. Setelah matang, letakkan bawang ke dalam wadah yang sudah dialasi kertas tisu untuk mengeringkan. Pindahkan cincin bawang yang sudah dikeringkan ke dalam loyang dan masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu agar tetap hangat hingga 30 menit sambil menunggu hasil gorengan yang lain sebelum disajikan.




bottom of page