© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Sajian dan Tradisi Tahun Baru Dari Berbagai Negara


Black Eyed Pea Salad

Tahun baru, saatnya berkumpul bersama dengan keluarga, sahabat atau dengan seseorang terkasih. Perayaan momen spesial seperti tahun baru rasanya tak lengkap tanpa menikmati sajian yang istimewa. Di Amerika sebotol Champagne menjadi simbol minuman untuk merayakan tahun baru. Ada banyak sajian maupun minuman hingga cake dan roti yang menjadi simbol untuk merayakan kemeriahan dan kebahagiaan di tahun baru dari berbagai negara. Seperti seperti mie yang dipercaya mewakili umur panjang, kacang polong mewakili koin, ikan herring mewakili kelimpahan dan babi mewakili keberuntungan. Harapannya dengan menikmati sajian yang dipercaya mewakili berbagai kebaikan ini akan membawa keberkahaan di tahun mendatang. Berikut adalah beberapa sajian yang menjadi bagian dari Tradisi sajian Tahun Baru di seluruh dunia.


Selusin Buah Anggur Di Spanyol

Di Spanyol ada tradisi makan 12 buah anggur tepat pada tengah malam saat pergantian Tahun Baru. Rasa anggur juga merupakan pertanda keberuntungan, dengan yang manis memprediksi yang baik dan yang asam kurang baik.


Black Eyed Pea Salad

Di Amerika Serikat, khususnya di bagian selatan, kacang polong dipercaya membawa kekayaan di tahun mendatang. Black Eyed Pea Sala biasanya disajikan dengan ham, yang juga memiliki konotasi positif. Sajian ini bisa coba kamu buat untuk malam tahun baru nanti.


Soba

Toshikoshi Soba adalah hidangan mie tradisional yang dinikmati di Jepang pada 31 Desember. Karena mudah dipotong, menikmati soba ini dimaksudkan agar mudah membuang kesialan dari tahun sebelumnya, sementara mie soba yang panjang mewakili umur panjang dan kesehatan.



Buah Delima

Di Turki dan Yunani, ada satu tradisi yang unik, dimana saat tengah malam semakin dekat, orang-orang bersuka ria menghancurkan buah delima di lantai dekat ambang pintu, semakin sulit semakin baik. Semakin banyak potongan buah, yang mewakili kesuburan dan kemakmuran, pecah, semakin banyak keberuntungan yang akan menghampiri di tahun mendatang.


Oliebollen, Belanda

Di Belanda, oliebollen merupakan kudapan yang dijual dengan gerobak di pinggir jalan secara tradisional. Kudapan ini yang mirip dengan roti goreng ini dibuat dengan paduan kismis serta taburan gula bubuk.


Marzipanschwein atau Glücksschwein, Austria dan Jerman

Jerman dan Austria negara tetangganya memiliki tradisi yang sama. Jerman menyebut Malam Tahun Baru dengan Sylvesterabend, atau malam Saint Sylvester. Orang-orang Austria biasanya menikmati minuman anggur merah dengan paduan kayu manis dan rempah-rempah serta bagi panggang sebagai paduannya. Meja makan biasanya dihias dengan babi-babi kecil yang terbuat dari marzipan, yang disebut marzipanschwein. Glücksschwein atau babi keberuntungan ini menjadi hadiah umum di seluruh Austria dan Jerman.