• Maria Yuliana Kusrini

Sarapan, Jadi Awal yang Penting

Sarapan menjadi salah satu hal terpenting bagi tubuh. Namun, banyak yang sering melewatkan saat sarapan dan malah menggabungkannya di jam makan siang. Sebenarnya, sarapan itu punya peran yang cukup penting lho buat kelangsungan aktivitas seharian dan kesehatan tubuh.



Sebuah studi untuk meneliti pengaruh sarapan pada daya kerja otak juga memperlihatkan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi sarapan di pagi hari ternyata mendapatkan hasil tes kognitif (daya pikir) yang lebih baik daripada anak-anak yang tidak sarapan.


Tidak hanya itu saja, sarapan juga punya manfaat penting lainnya. Seperti pola makan akan menjadi teratur dan lebih baik. Badan pun jadi sehat. Sarapan juga bisa mengurangi rasa lapar di siang dan malam hari, sehingga membuat seseorang lebih mudah untuk menghindari makan berlebih. Jika tidak sarapan, maka muncul rasa lapar sehingga membuat porsi makan siang menjadi berlebihan. Selain itu, sarapan juga memberi energi pada tubuh, sehingga aktivitas seharian pun bisa terlewati dengan lebih maksimal.


Nah, jika sampai melewatkan sarapan maka kita akan kelaparan dan akan lebih banyak mengonsumsi makanan manis pada siang atau malam hari. Hal itu pada akhirnya membuat kadar insulin naik dan meningkatkan risiko obesitas. Bahkan Harvard Men’s Health Watch juga menyatakan bahwa kebiasaan tidak sarapan pagi meningkatkan risiko terjadinya kegemukan sebesar empat kali lipat.


Tidak sarapan di pagi hari juga dapat menyebabkan asupan zat gizi dalam tubuh berkurang. Otomatis tubuh tidak punya cadangan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sepanjang hari, sehingga produktifitas dan kemampuan fisik pun akan menurun. Akhirnya hal itu membuat seseorang merasa lemas dan mengantuk.


Foto: Dok. Istimewa

© 2019 yukmakan channel