• Novi Amaliyah

Saus Bechamel Sederhana dan Variasinya


Saus Bechamel

2 sdm Unsalted Butter

2 sdm Tepung Serbaguna

240 ml Susu

Garam, lada dan biji pala bubuk secukupnya

Cara membuat

  1. Lelehkan mentega dengan api sedang. Tambahkan tepung dan aduk hingga adonan tercampur rata. Masak, aduk terus, selama 2 menit.

  2. Tuang susu panas sedikit demi sedikit. Masak dengan api sedang, aduk terus, sampai saus mulai mendidih dan mengental. Didihkan, aduk terus, dengan api kecil selama 5 menit.

  3. Bumbui dengan garam dan merica secukupnya dan tambahkan sedikit pala bubuk.


Variasi Resep


Saus Mornay:

Tambahkan 1/2 cangkir keju parut ke 1 cangkir saus pedas; aduk dengan api kecil hingga keju meleleh. Bumbui dengan sedikit mustard atau saus Worcestershire secukupnya.


Saus Velouté

Gunakan kaldu ayam, sapi, ikan, atau sayuran sebagai pengganti susu.


Saus Herbal

Tambahkan 1 sendok teh aneka bumbu herbs seperti Italian seasoning menggunakan daun-daunan segar yang baru dicincang atau 1/2 sendok teh herba kering ke dalam 1 cangkir saus pedas. Masak selama satu atau dua menit lebih lama untuk mendapatkan lebih banyak rasa dari rempah-rempah.


Saus Krim

Tambahkan 2 atau 3 sendok makan krim kental ke saus yang sudah jadi. Untukvarian rasa bawang, tambahkan irisan bawang ke dalam susu.


Saus Mustard

Campurkan 1 sendok teh mustard kering dengan tepung yang digunakan dalam saus. Saus ini sangat cocok dengan ikan dan ayam.