• Maria Yuliana Kusrini

Seduhan Daun Kopi Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Minuman kopi biasanya dibuat dari biji kopi yang sudah melewati beberapa proses panjang. Tapi siapa sangka jika kopi bukan hanya bijinya saja yang diolah dan dibuat menjadi minuman. Daun dari tanaman kopi, nyatanya juga bisa diolah dan dibuat menjadi minuman yang nikmat dan juga banyak manfaat positif bagi tubuh.


Minuman dari daun kopi ini memang menjadikan daun kopi sebagai bahan utamanya. Daun kopinya terlebih dahulu dipanggang atau digarang baru kemudian diseduh bersama air panas. Proses pembuatannya memang menyerupai cara pembuatan minuman teh. Minuman yang juga sering disebut Teh Daun Kopi atau Wedang Godong Kopi (Minuman Daun Kopi) ini lebih nikmat disajikan dalam keadaan panas atau hangat. Akan tetapi bagi yang ingin menikmatinya dalam keadaan dingin, bisa menyajikannya tambahan es batu.



Minuman dari daun kopi ini punya sensasi rasa yang begitu unik. Dari aromanya, terdapat aroma terbakar yang muncul karena efek pemanggangan daun kopinya. Begitu juga dengan citarasanya. Ada sensasi terbakar yang berpadu dengan citarasa kopi yang begitu ringan di lidah. Bagi yang ingin mendapatkan citarasa manis, maka bisa menambahkan gula pada minuman ini.


Punya rasa yang unik, minuman dari daun kopi ini ternyata juga punya beberapa manfaat positif bagi tubuh. Salah satunya bisa menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga minuman ini sangat tepat diminum oleh mereka yang memiliki masalah dengan hipertensi. Bagi yang sedang bermasalah dengan radang di tenggorokan, juga bisa menjadikan minuman daun kopi ini sebagai pilihan. Itu karena minuman ini terbukti mengatasi inflamasi dan juga radang. Wedang Godong Kopi juga dipercaya untuk melancarkan saluran pernafasan, sehingga tepat dikonsumsi oleh mereka yang bermasalah dengan pernafasan atau penderita sesak nafas.


Di kondisi cuaca dingin sekalipun, minuman ini juga sangat tepat untuk disajikan. Seduhan daun kopi ini apabila dipadukan dengan madu dan telur akan membuat badan menjadi hangat sekaligus menjadi penambah stamina. Meski memang belum terlalu lumrah dan jarang ditemukan, tak ada salahnya untuk menjajal minuman dari daun kopi seperti ini.