• Novi Amaliyah

Sejarah di Balik Terciptanya Tiramisu, Terinspirasi dari Menu Sarapan Buatan Ibu Mertua


Tiramisu
Tiramisu, sajian penutup asal Italia ini merupakan kreasi restoran Le Beccherie di Treviso

Siapa tak kenal dengan Tiramisu, hidangan penutup andalan yang identik sebagai salah satu kuliner khas Italia ini begitu mendunia. Tiramisu pertama kali hadir di dalam daftar menu restoran Le Beccherie yang berlokasi di Piazza Ancillotto Treviso Italia Utara pada tahun 1972.


Restaurant keluarga yang dimiliki oleh Ado Campeol dan istrinya Alba Campeol ini seketika terkenal dengan kue buatannya Tiramisu setelah mengikuti expo di Milan pada tahun 1972. Sebagai pemilik Le Beccherie, Ado Campeol yang oleh media Italia disebut sebagai 'Bapak Tiramisu'. Pria ini baru saja meninggal dunia pada tanggal 30 Oktober di usia 93 tahun.

Konon sejarah terciptanya Tiramisu seperti dilansir dari webiste Le Beccherie berawal saat Alba Campeol, sedang mengandung putranya, Carlo di tahun 1955. Untuk membantu menantu perempuannya mendapatkan kembali kekuatannya setelah melahirkan, ibu mertua Alba biasa menyiapkan sarapan yang lezat dengan zabaglione atau kudapan ringan lady finger dan kopi untuk memberinya energi sebelum memulai hari.


Setelah putranya disapih dan dia kembali bekerja di dapur restoran, Alba memutuskan untuk memperkenalkan makanan penutup baru yang terinspirasi oleh sarapan lezat itu dan bersama dengan koki kue restoran, Roberto Loli Linguanotto, mereka memulai bereksperimen. Eksperimen yang panjang akhirnya membuahkan hasil antara tahun 1971 dan 1972.

Berbagai cara dan terobosan dicoba berkali-kali seperti mencoba menggunakan krim, ricotta, dan bahan-bahan lainnya, Alba dan Linguanotto memutuskan untuk mencoba mascarpone segar. Kemudian pada tahun yang sama, Le Beccherie berpartisipasi dalam Pameran Dagang Milan (sekarang Expo), menyajikan menu yang diakhiri dengan Tiramisù. Kepopuleran Tiramisu juga tak lepas dari peranan orang-orang Treviso yang bermigrasi ke seluruh dunia selama Perang Dunia II dan membawa makanan ini menjadi populer seperti sekarang ini.


Pada tanggal 15 Oktober 2010 resep Tiramesù de Le Beccherie diajukan dengan akta notaris ke Accademia Italiana della Cucina (Akademi Masakan Italia). Sejak 1955, ketenaran Teramisù telah melintasi batas negara, dan telah menjadi simbol kuliner Italia dan Veneto di seluruh dunia. Penasaran untuk mencoba Tiramisu Le Beccherie?