• Novi Amaliyah

Sejarah Puding Yorkshire


Daging sapi panggang dan puding Yorkshire adalah hidangan yang dikenal di seluruh dunia sebagai hidangan tradisional Inggris. Tetapi sejarah dibalik terciptanya puding Yorkshire diselimuti misteri, dan asal-usulnya hampir tidak diketahui. Puding mungkin telah dibawa ke Inggris oleh salah satu tentara saat perang selama berabad-abad silam. Tapi sayangnya, bukti apapun tentang hal ini juga belum ditemukan. Namun begitu konon resep puding ini tercatat berasal dari awal 1700-an. Secara keseluruhan, resep ini memiliki dasar yang sama tetapi ada beberapa perbedaan yang menarik.


Resep puding Yorkshire pertama yang tercatat muncul dalam sebuah buku berjudul The Whole Duty of a Woman pada tahun 1737 dan terdaftar sebagai A Dripping Pudding. Dimana tetesannya berasal dari daging yang panggang.

Resep lainnya pada tercatat pada The Art of Cookery, Made Plain and Easy oleh Hannah Glasse pada tahun 1747. Glasse adalah salah satu penulis makanan paling terkenal saat itu, dan popularitas bukunya menyebarkan tentang puding Yorkshire.


Kemudian ada resep dari Ny. Beeton, dimana merupakan penulis makanan paling terkenal di Inggris pada abad ke-19, tetapi resepnya pada tahun 1866 menghilangkan salah satu aturan dasar untuk membuat puding Yorkshire yaitu kebutuhan akan oven terpanas. Resepnya juga keliru dalam menginstruksikan chef untuk memanggang puding selama satu jam sebelum meletakkannya di bawah daging. Masyarakat Yorkshire menyalahkan kesalahannya pada asal-usulnya yang berasal dari selatan.


Sejarah modern

Ketika langkah kehidupan modern meningkat dan lebih banyak wanita bekerja di luar rumah, kegiatan memasak di rumah mulai menurun. Munculnya makanan praktis dan makanan siap saji menjelang akhir abad menjadikan puding Yorkshire diproduksi secara komersial pertama dengan peluncuran merek Aunt Bessie yang berbasis di Yorkshire pada tahun 1995. Pada tahun 2007, Anggota Parlemen Vale of York Anne McIntosh berkampanye agar puding Yorkshire diberi status perlindungan yang sama seperti Champagne Prancis atau keju feta Yunani.


Pada saat itu, puding Yorkshire dianggap istilah yang terlalu umum, tetapi itu tidak menghentikan Aunt Bessie dan dua produsen pudding lainnya dengan dukungan dari Regional Food Group for Yorkshire and Humber untuk mencoba lagi agar status pudding Yorkshire dilindungi. Maklum, hal ini menimbulkan kekhawatiran bagi semua orang di luar Yorkshire yang membuat puding secara komersial, karena mereka mungkin harus mengganti nama produk puding gaya Yorkshire.


Saat ini, puding Yorkshire sama populernya dengan sebelumnya, baik yang dibuat sendiri di rumah atau  bahkan yang dimakan di ribuan restoran di Inggris yang menyajikannya sebagai menu makan siang hari Minggu tradisional, atau dibeli di supermarketPada hari Minggu tertentu, orang Inggris di seluruh Eropa menikmati puding Yorkshire, dan di Australia, Selandia Baru, dan Kanada, pudding masih menjadi bagian besar dari budaya makanan mereka. Pudding ini terbuat dari campuran sederhana tepung, telur, susu, dan garam ini mendapat tempat di hati para pecinta kuliner yang pasti karena kelezatannya saat dinikmati dengan daging sapi panggang.

© 2019 yukmakan channel