© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Sejarah Yule Log Cake Khas Natal


Perayaan Natal identik dengan saatnya berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terkasih sambil menikmati beragam sajian istimewa yang biasanya dibuat hanya ada saat Natal. Istimewanya lagi, biasanya ragam sajian manis khas Natal adalah yang paling ditunggu, mulai dari permen berbentuk tongkat berwarna-warni, cokelat berbentuk santa hingga beragam cokelat dengan paduan dan isian. Belum lagi pudding dan cake istimewa lainnya yang melimpah yang hanya bisa ditemui saat perayaan Natal.


Yule Log adalah salah satu cake khas Natal yang paling khas. Di Eropa cake ini jadi cake khas Natal yang selalu disadirkan di setiap bakery maupun cake shop. Kue log Yule atau Yule Log Cake dikenal juga dengan bûche de Noël dalam bahasa Prancis adalah sebuah kreasi yang sedikit rumit, dibuat dari kue bolu gulung dengan filling kemudian dibekukan dengan cokelat buttercream agar terlihat seperti kulit pohon dan dihiasi dengan jamur yang terbuat dari meringue, marzipan holly sprigs, hiasan sarang laba-laba, dan segala dekorasi manis yang bisa dimana.


Sejarah panjang cake berbentuk kayu log satu ini berasal Eropa di Zaman Besi, sebelum era abad pertengahan. Saat itu, Celtic Brits dan Eropa Gaelic akan berkumpul untuk menyambut titik balik matahari musim dingin pada akhir Desember. Orang-orang akan merayakan hari-hari akhirnya menjadi lebih panjang, menandakan akhir musim dingin.


Untuk membersihkan udara dari peristiwa tahun sebelumnya dan untuk mengantar pada musim semi, keluarga akan membakar kayu yang dihiasi dengan holly, pinecone atau ivy. Anggur dan garam juga sering digunakan untuk mengurapi kayu. Setelah dibakar, abu kayu itu adalah harta berharga yang dikatakan memiliki manfaat obat dan untuk melindungi dari kejahatan. Beberapa kelompok mengklaim abu akan melindungi pembawa dari petir dimana saat itu rumah dan sebagian besar isinya terbuat dari kayu.


Dipercaya cake berbentuk kayu ini sudah dibuat sejak tahun 1600-an. Marzipan dan dekorasi meringue, adalah dua pilihan paling populer untuk menghias sebuah Yule Log Cake, cake ini muncul di banyak meja abad pertengahan.

Kue bolu, yang menjadi dasar log cake ini adalah salah satu kue tertua yang masih dibuat sampai sekarang. Berawal setidaknya pada tahun 1615, ketika resep pertama yang diketahui muncul di buku tebal Gervaise Markham The English Huswife.


Pembuat roti di Paris mempopulerkan cake ini pada abad ke-19, dan toko roti yang berbeda dikenal karena dekorasi mereka yang lebih rumit. Saat ini, beberapa orang membuat sendiri Yule Log Cake di rumah, tetapi itu tidak berarti kamu harus melewatkan sepotong kue pai apel atau cake favorit kamu lainnya. Nikmati saja bûche de Noël kamu dan selamat Natal dan Tahun Baru.