© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Selektif Memilih Makanan Agar Kulit Lebih Sehat



Memiliki kulit sehat dan bercahaya adalah dambaan setiap wanita. Melakukan perawatan kulit dengan produk-produk skincare ternyata tak cukup untuk mendapatkan kulit sehat dan bercahaya. Perlu dilakukan rangkaian yang menyeluruh untuk mendapatkan hasil maksimal. Selain melakukan perawatan kulit, konsumsi asupan vitamin dan nutrisi dari makanan juga banyak membantu kondisi kulit dari dalam.


Menurut dr. Maria Charlotte, BMedSci, ahli kesehatan dan nutrisi dari ID Beauty Clinic, Jakarta, puasa merupakan kesempatan yang baik untuk memperbaiki pola makan yang benar dan sehat. Puasa tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan kulit tapi juga kebugaran fisik. “Pada saat kita berpuasa tubuh kita melakukan proses detoksifikasi secara alami, selain itu puasa juga memperbaiki sistem metabolism dalam tubuh, sehingga tubuh mampu melakukan penyerapan nutrisi dengan lebih baik,” jelasnya.


Karena itu saat sahur dan buka puasa sebaiknya memilih asupan yang mengandung kelengkapan gizi yang dibutuhkan tubuh seperti, nutrisi makro yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, serta nutrisi mikro seperti vitamin dan mineral. Namun terkadang saat berbuka puasa terkadang orang tak sadar hingga over-eating. “Pola makan over-eating berbahaya, tidak hanya untuk lambung tapi juga bagi keseluruhan kesehatan jasmani. Selain itu, pemilihan makanan secara non selektif juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Karena kita makan apa yang kita mau, bukan yang kita butuh. Asupan gula yang berlebihan misalnya, konsumsi gula berlebihan memperlama proses penyembuhan pada jerawat,” tambahnya.


Charlotte juga menjelaskan beberapa sumber makanan yang bisa membantu memperbaiki kondisi kulit agar sehat dan bercahaya secara alami. Diantara adalah Ikan salmon yang memiliki kandungan DHA dimana sebagai anti aging alami bagi kulit, selain itu juga mengandung asam Omega3 yang mampu mencegah efek buruk matahari. Untuk sayuran bisa memilih alfafa sprout yang mengandung anti oksidan tinggi dan zinc untuk membantu mengatasi jerawat. Buah yang mengandung vitamin A dan C juga bagus untuk kesehatan kulit.