• Novi Amaliyah

Takoyaki, Kudapan Khas Festival Dari Osaka


Takoyaki adalah salah satu kudapan ringan khas Jepang yang populer. Kudapan asal Osaka ini adalah salah satu kudapan street food favorit di Jepang. Tako juga salah satu kudapan yang sering ditemukan di berbagai festival di Jepang. Takoyaki terbuat adonan pancake bercitarasa gurih, mirip dengan adonan okonomiyaki (pancake gurih dengan sayuran atau daging).


Berbeda dengan okonomiyaki tetapi dibentuk menjadi bola bundar yang dicetak dengan cetakkan khusus. Takoyaki diisi dengan potongan gurita matang. Untuk kamu yang belum pernah mencoba pasti bertanya bagaimana rasanya. Begitu digigit kamu akan mendapati sensai kenyal, gurih dan nikmat yang dijamin akan membuat kamu ketagihan. Takoyaki biasanya disajikan dalam kemasan berisi 8 buah atau 12 buah.

Istilah takoyaki berasal dari kata "tako", yang berarti gurita, dan "yaki", yang berarti panggang. Dalam beberapa terjemahan, takoyaki disebut sebagai camilan gurita bakar. Takoyaki memiliki bagian luar panggang yang sangat tipis dan hampir renyah dengan bagian tengah yang sangat lembut, hampir cair, dengan gigitan gurita matang yang lembut atau sedikit kenyal. Terkadang adonan juga sering dibumbui dengan irisan daun bawang dan jahe merah (benishoga). Toppingnya biasanya berupa saus okonomiyaki atau takoyaki yang manis dan gurih, bersama dengan taburan serpihan bonito kering (katsuobushi) dan bubuk rumput laut kering hijau (aonori). Topping opsional yang kreatif termasuk mayones, keju, telur orak-arik, saus alternatif seperti saus teriyaki atau saus tempura, dan daun bawang cincang untuk citarasa baru.