• Maria Yuliana Kusrini

Tempe Crusted John Dory with Crispy Tofu and Yellow Capsicum Sauce

Resep by Chef Ahmad Taufik


Bahan:

150 gr Ikan Dori

100 gr Tahu

100 gr Bayam

60 gr Tempe, hancurkan

40 gr Wijen Putih

20 gr Butter

20 gr Bawang Putih, cincang

30 gr Bawang Merah, cincang

10 gr Tepung Terigu

5 gr Cabai

2 gr Jahe

2 bh Kuning Telur, kocok

10 ml Susu Kacang Kedelai

1 sdm Minyak Salad

Daun Thyme secukupnya

Garam secukupnya

Merica secukupnya

Penyedap rasa ayam secukupnya


Bahan Saus:

5 gr Butter

1 sdm Bawang Merah cincang

3 bh Bawang Putih, cincang

2½ bh Paprika Kuning

2 lmbr Daun Jeruk

50 ml Kaldu Ayam

Garam secukupnya

Merica secukupnya


Cara Membuat:

  1. Bumbui ikan dengan garam dan merica. Kemudian balut dengan tepung di kedua sisinya, kemudian lumuri dengan tempe yang sudah dihancurkan hingga ikan menjadi lebih tebal.

  2. Goreng ikan dalam minyak panas hingga berwarna kecoklatan. Sebelum ikan diangkat, tambahkan butter, 1 sendok makan bawang merah cincang, dan daun thyme. Goreng ikan hingga butternya mencair. Angkat ikan dan tiriskan.

  3. Untuk membuat krispi tahunya, potong tahu menjadi 4 bagian. Kemudian bumbui dengan jahe, bawang putih, susu kacang kedelai, garam, merica, dan daun thyme. Lalu taburi tahu dengan tepung hingga rata, celupkan dalam kocokan kuning telur, taburi dengan wijen hingga rata. Goreng tahu dalam minyak panas hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

  4. Cairkan butter untuk menumis bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga harum. Kemudian masukkan bayam, bumbui dengan garam dan merica. Tumis selama 5 menit. Angkat.

  5. Untuk membuat sausnya, cairkan butter kemudian tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Bumbui dengan garam, merica, lalu tambahkan dengan kaldu ayam biarkan hingga mendidih. Angkat, setelah dingin blender bumbu tadi dengan paprika hingga lembut. Lalu masak lagi hingga mendidih dan tambahkan daun jeruk. Setelah mengental dan meletup-letup angkat.

  6. Susun ikan dori berbalut tempe, tahu berbalut wijen, dan tumisan bayam di atas piring. Kemudian siram dengan sausnya. Hidangan siap dinikmati.



© 2019 yukmakan channel