• Maria Yuliana Kusrini

Terapkan Mindful Eating Untuk Gaya Hidup yang Lebih Baik

Gaya hidup sehat tentu jadi pilihan banyak orang di masa kini. Banyaknya penyakit dan virus yang semakin beragam, membuat setiap orang menjadi lebih fokus untuk menerapkan pola hidup sehat di kehidupannya sehari-hari. Termasuk juga kesadaran diri dalam menjaga dan memilih menu yang hendak dikonsumsi.



Mindful Eating atau sebuah teknik yang dapat membantu seseorang dalam mengendalikan kebiasaan makan pun kini banyak diterapkan. Midful Eating ini pun dilakukan untuk mendapatkan kualitas hidup dan kesehatan yang lebih baik lagi. Hal ini pun menjadi salah satu cara untuk mengurangi makan yang berlebihan sehingga mampu menjaga berat badan. Mindful Eating ini pun dapat diterapkan dengan beberapa langkah ini.


1. Makan Secara Perlahan

Makan buru-buru ternyata memiliki efek yang tidak terlalu baik bagi pencernaan dan juga kesehatan tubuh. Tak hanya itu saja, makan yang terlalu cepat akan membuat seseorang makan menjadi lebih banyak karena sinyal kenyang akan muncul terlambat. Untuk itu lebih disarankan untuk makan secara perlahan saja.


2. Kunyah Makanan dengan Tepat

Dalam mengonsumsi makanan, ada baiknya juga memperhatikan proses mengunyahnya. Seseorang harus menguyah makanannya dengan baik untuk membantu proses pencernaan dalam lambung. Saat makan, kunyah makanan dengan baik setidaknya 30 kali sebelum menelan makanan itu.


3. Lebih Menikmati Makanan

Makan tak hanya sekedar untuk membuat kenyang saja, namun juga melibatkan seluruh indera yang kita miliki. Mulai dari indera penglihatan, penciuman, dan juga perasa. Saat makan, hendaknya juga turut melibatkan hal itu, dengan cara memperhatikan tampilan dari makanan yang hendak dikonsumsi, rasanya, dan juga aromanya. Hal tu juga akan membawa sensasi makan yang lebih istimewa dan berbeda.


4. Berhenti Makan sebelum Kenyang

Otak manusia membutuhkan waktu hingga 20 menit untuk menyadari kalau sudah kenyang Untuk itu, ada baiknya untuk berhenti makan sebelum merasa kenyang.


5. Perhatikan Waktu Makan

Umumnya makan dilakukan 3 kali dalam sehari. Meski demikian, pemilihan menu dan porsinya perlu untuk lebih diperhatikan lagi. Makan besar hendaknya lebih dilakukan pada pagi dan juga siang hari. Menu yang dipilih pun hendaknya lebih kaya akan protein. Makan camilan juga boleh dilakukan di antara jam waktu makan sebanyak 1-2 kali dengan pilihan tepat, seperti buah. Selain itu, jangan lupa untuk stop makan di jam 6 malam.