© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Tetap Makan Enak Dengan Biaya Murah

Mau makan enak, tapi kondisi keuangan sedang tiris. Jangan bingung, masih ada banyak jalan keluar yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah memilih makanan dengan harga murah. Tapi jangan bayangkan makanan murahan yang identik dengan rasa tidak enak dan kurang sehat. Nah untuk mendapatkan makanan dengan harga murah, sehat, dengan citarasa enak, ada beberapa hal yang bisa dilakukan lho. Berikut bocorannya:



1. Mengelola makanan sendiri

Makanan enak dan sehat pastinya yang dimasak sendiri di rumah. Bahan baku masakannya bisa dibeli di pasar tradisional untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Namun, masyarakat saat ini kebanyakan tidak memiliki waktu untuk memasak makanan sendiri sebelum berangkat ke kantor. Meski demikian, sesekali tak ada salahnya mencoba memasak sendiri dengan menggunakan bahan segar dan lebih menyehatkan.


2. Kurangi bahan makanan yang harganya mahal

Sementara, kurangi memasak makanan dengan bahan yang mahal. Pilih bahan masakan yang lebih murah, seperti sayur-sayuran, tahu, tempe, atau telur.


3. Menyiapkan persediaan makanan

Tidak ada salahnya untuk mencoba hal yang satu ini, mulailah mencoba untuk menyetok bahan makanan di dalam kulkas. Namun usahakan untuk memilih bahan makanan yang kering dan tahan lama. Seperti kacang-kacangan, biji-bijian, bumbu dapur, dan lain sebagainya. Nah ketika kondisi keuangan sedang tiris, bisa menjadikan persediaan di kulkas sebagai penolong.


4. Kreasi masakan

Cobalah untuk berkreasi dengan membuat masakan dari bahan yang murah. Misalnya membuat tempe menjadi olahan steak, sehingga kita tidak bosan dengan masakan yang itu-itu saja. Meski berbahan murah, tapi jika dibuat menjadi kreasi berbeda, citarasanya pasti lezat dan menarik untuk disantap.

5. Kurangi makan di restoran

Trik satu ini sangat berguna untuk mengurangi pengeluaran sehari-hari. Boleh saja makan siang bersama teman kantor atau makan bersama keluarga di restoran, namun cobalah jangan terlalu sering ya.


6. Pilih menu promo saat memesan makanan

Jika sedang ingin makan di restoran atau memesan online, pilihlah menu yang sedang promo. Tidak jarang, restoran memberikan penawaran khusus bagi konsumennya, seperti diskon khusus, free minum, buy 2 get 1, dan lainnya. Begitu pun yang hendak memesan makanan secara online, jelilah dalam memilih menu makanan yang sedang dipromokan.