• Novi Amaliyah

Thai Fish Cake


Thai Fish Cake
Thai Fish Cake

Bahan

450 gr Ikan Tenggiri fillet

3 sdm Santan Kental

3 sdm Minyak Ikan

2 sdt Cabai Bubuk

1/2 sdt Jinten

1/4 sdt Ketumbar

1/2 sdt Gula Palem

68 gr Tepung Sagu

6 lbr Daun Jeruk Purut, iris halus

1 btg Daun Bawang, iris halus

1 ruas Lengkuas, parut

3 siung Bawang Putih

2 bh Cabai Merah, haluskan

Minyak untuk menggoreng


Cara membuat

  1. Bilas ikan dan keringkan dengan baik. Potong-potong dan masukkan ke dalam food processor atau chopper.

  2. Dalam mangkuk kecil atau gelas ukur, campurkan santan, kecap ikan, bubuk cabai, jinten, ketumbar, dan gula merah. Aduk dengan garpu untuk menggabungkan, lalu tuangkan ke dalam prosesor di atas ikan.

  3. Tambahkan 1/2 cangkir tepung sagu, potongan daun jeruk purut, daun bawang, lengkuas atau jahe, bawang putih, dan cabai kemudian diproses kembali.

  4. Ambil sedikit untuk merasakan teksturnya, jika masih terlalu basah tambahkan sedikit tepung sagu kemudian proses kembali hingga mendapatkan konsistensi tekstur yang diinginkan.

  5. Ambil sedikit di tangan kemudian bentuk bulat dan pipih, tepuk-tepuk dan taruh di piring bersih. Perhatikan ketebalannyam kira-kira 1 inchi. Gunakan air dingin saat membentuk adonan agar tidak adonan tidak lengket di tangan.

  6. Letakkan adonan yang sudah dibentuk di lemari es selama 10 menit agar mengeras.

  7. Panaskan minyak, goreng 30 detik hingga 1 menit sebelum dibalik, angkat kue perlahan dari dasar wajan. Goreng sampai berwarna cokelat keemasan dan tiriskan di atas tisu.

  8. Sajikan segera dengan mentimun dan saus Bangkok untuk celupan, rajangan daun ketumbar segar serta irisan jeruk nipis yang harus diperas sebelum dimakan.

Foto: Dok.Getty Images