• Novi Amaliyah

Tips Agar Bawang Goreng Renyah



Bawang goreng memang tak lepas sebagai salah satu kondimen dalam berbagai sajian Nusantara. Mulai dari sajian berkuah seperti Soto, Sop, hingga Bakmi Godhog. Bubur Ayam, Ketoprak, Gado-Gado, Nasi Goreng, Mie Goreng dan masih banyak lainnya. Rasanya sajian ini tak lengkap tanpa taburan bawang goreng renyah yang memberikan citarasa yang berbeda.


Selain memberikan citarasa sajian menjadi lebih istimewa, teksturnya yang garing dan renyah juga memberikan sensasi tersendiri. Jika tak pandai mengolahnya, tekstur bawang goring tak lagi garing setelah beberapa saat meski sudah disimpan dalam wadah kedap udara. Kamu bisa melakukan langkah sederhana untuk mendapatkan tekstur bawang goreng yang garing dan renyah. Berikut langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan bawang goreng yang renyah. Selamat mencoba!


1. Campur 1 sdm garam dengan 1 liter air, kemudian rendam bawang yang sudah diiris tipis. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian tiriskan. Selain memberikan citarasa gurih, rendaman air garam ini juga akan membuat tekstur bawang goreng menjadi lebih renyah.


2. Setelah direndam dalam air taburi bawang dengan tepung maizena sebanyak 1 sdm. Untuk 1 kg bawang iris, cukup taburi dengan 1 sdm tepung. Diamkan beberapa saat.


3. Biarkan bawang kering selama 1 – 2 jam. Kemudian baru bawang siap digoreng.

© 2019 yukmakan channel