• Novi Amaliyah

Tips Anti Gagal Membuat Japanese Souffle Pancake


Japanese Souffle Pancake atau dikenal juga dengan Fluffy Pancake adalah salah satu camilan yang cukup populer beberapa waktu yang lalu hingga saat ini. Berbeda dengan pancake pada umumnya, tekstur Japanese Souffle Pancake ini sangat ringan, lembut dan meleleh di mulut. Pancake biasanya dijadikan sebagai salah satu menu untuk sarapan, namun menu satu ini kini hadir dengan berbagai modifikasi sehingga bisa dijadikan sebagai menu utama. Paduan bacon, ham, sosi, hingga telur membuat sajian ini cukup lengkap sebagai hidangan utama yang lengkap cukup tambahkan sayuran atau salad.


Kamu bisa mencoba untuk membuat sendiri di rumah sajian satu ini, bahannya cukup sederhana dan terjangkau. Cara membuatnya juga relatif mudah, namun kamu perlu memperhatikan tips praktis anti gagal yang bisa kamu coba di rumah. Berikut tips anti gagal membuat Japanese Souffle Pancake. Selamat mencoba!


  1. Pastikan mengocok putih telur dengan benar, karena ini menjadi salah satu kunci keberhasilan membuat Japanese Souffle Pancake. Pahami konsistensi saat mengocok putih telur. Hindari mengocok putih telur secara berlebihan, karena putih telur akan pecah dan akan membuat pancake tidak memiliki cukup gelembung udara sehingga pancake tidak akan mengembang sempurna.

  2. Panas api juga menjadi faktor lain, saat memanggang pancake pastikan gunakan dengan api kecil. Ini akan memastikan jika seluruh bagian pancake benar-benar matang sempurna. Juga mencegah bagian luar gosong.

  3. Pastikan menggunakan susu pada suhu ruang agar butter tidak menggumpal. Pastikan untuk mendinginkan butter yang dilelehkan sebelumnya sesaat sedikit sebelum memasukannya ke dalam adonan campuran telur agar telur tidak membuat adonan telur jadi matang seperti telur orak-arik karena kena panas.

  4. Gunakan cooki cutter atau cookie ring saat mencetaknya di atas wajan agar hasilnya rapi dan bisa tinggi.

  5. Saat dipanggang, tutup wajan anti lengket dan beri 1sdm air di bagian wajan yang kosong. Ini berfungsi untuk menambah kelembaban pancake saat dipanggang, karena pancake ini butuh waktu lebih lama untuk matang sempurna. Ini juga akan membuat pancake yang kamu buat jadi lebih lembut.

  6. Sebaiknya menggunakan tepung terigu protein rendah atau tepung untuk membuat cake. Jika tidak ada bisa menggantinya dengan menambahkan satu sendok teh tepung maizena ke tepung biasa.