• Novi Amaliyah

Tips Membuat Agedashi Tofu


Agedashi Tofu, sajian khas negeri Sakura satu ini merupakan sajian berupa tahu sutra Jepang berbalut tepung kentang tipis, garing pada bagian lura dan lembut pada bagian dalam. Agedashi disajikan dalam rendaman saus bercitarasa mirip saus teriyaki namun lebih ringan. Rendaman saus ini terbuat dari dashi atau kaldu khas Jepang bercitarasa gurih umami yang terbuat dari paduan kombu. Meski terlihat sederhana butuh tips agar sukses membuat agedashi tofu. Berikut tips praktis membuat agedashi.


  1. Pastikan menggunakan minyak baru untuk agar citarasa agedashi tofu lebih enak. Karena citarasa sajian ini sangat lembut jika menggunakan minyak yang sudah dipakai sebelumnya akan membuat citarasa agedashi tofu terkontaminasih.

  2. Temperatur minyak saat untuk menggoreng harus panas. Ini memastikan lapisannya garing untuk bagian luarnya dan bagian dalam tahu tetap lembut.

  3. Lapisan luar untuk agedasi tofu harus menggunakan tepung kentang. Jika menggunakan tepung maizena tidaklah sama. Setelah direndam dalam dashi, tepung kentang akan kehilangan kerenyahannya, tetapi dalam prosesnya ia menyerap dashi, menciptakan kulit yang beraroma hampir transparan.

  4. Gunakan tahu sutra Jepang yang lembut. Tahu yang keras tidak memiliki tekstur yang sama seperti tahu lembut dan akan membuat kita mengunyah. Padahal agedashi tofu adalah sajian yang meleleh di mulut.

  5. Beri sedikit garam sebelum tahu dibungkus dengan tisu dapur untuk meniriskan airnya.