• Maria Yuliana Kusrini

Tips Membuat Cheese Cake

Cheese cake yang lembut bercitarasa manis gurih begitu digemari. Menjadikan keju sebagai salah satu bahannya, cheese cake juga bisa dibikin sendiri di rumah. Namun, ada masalah yang sering terjadi ketika membuat cheese cake. Misalnya saja terjadi retakan pada permukaan cheese cake atau pada bagian dalam adonan membentuk gumpalan sehingga menampilkan bentuk yang tidak sempurna.



Berbagai hal itu biasanya terjadi karena beberapa faktor. Misalnya saja terjadi karena pengocokan yang berlebih, suhu oven yang terlalu panas, hingga proses pendinginan yang tidak benar. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa hal saat membuat cheese cake. Sehingga nantinya bisa mendapatkan hasil maksimal.

1. Jangan menggunakan mixer untuk mengaduk adonan. Mixer diciptakan untuk menyatukan udara dengan adonan, sehingga membuat adonan akan menyimpan udara dan akan mengembang jika terkena suhu panas. Adonan cheese cake tidak butuh udara yang terlalu banyak di dalam adonan. Karena itu akan membuat permukaan kue menjadi retak atau pecah di bagian tengahnya.


Sebaiknya jika ingin menggunakan mesin untuk mencampur adonan, maka gunakan mesin pengolah makanan (food processor). Mesin ini sengaja dirancang untuk mengaduk adonan dengan baik tanpa memasukkan terlalu banyak udara, ritme pengadukan yang tidak terlalu cepat yang dilakukan mesin tersebut juga dapat menghindari terjadinya gumpalan pada adonan serta menjadikan adonan menjadi halus ketika matang.


2. Perhatikan Suhu Oven. Sebaiknya panggang adonan cheese cake pada suhu 163°C, karena suhu ini dinilai paling ideal. Karena pada suhu ini protein dalam telur akan terlepas dan bergabung dengan ikatan protein lainnya, yang akhirnya membentuk sebuah jaringan. Jika suhu semakin panas, maka sering kali mengakibatkan retak atau terputusnya ikatan jaringan pada permukaan cake. Jika oven tidak memiliki kontrol suhu, maka dapat diatasi dengan cara menaruh sebuah loyang di atas wadah yang berisi air panas saat memanggangnya.


3. Lakukan proses pendinginan yang benar. Kegagalan lain yang biasanya terjadi adalah saat proses pendinginannya. Biasanya pada saat setelah dikeluarkan dari dalam oven, adonan cheese cake akan menyusut dan juga retak pada bagian tengah. Maka setelah dikeluarkan keluarkan cheese cake yang sudah matang dari loyang dan kemudian dinginkan di dalam suhu ruangan hingga benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Hal ini dapat membantu mengurangi kerusakan yang terjadi saat proses pendinginan.

© 2019 yukmakan channel