© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

Tips Membuat Chocolate Modeling



Kamu pasti sudah familiar fondant atau sugar icing yang biasa digunakan untuk melapis dan menghias cake. Fondant biasanya digunakan untuk melapis cake ulang tahun agar terlihat lebih menarik dan istimewa, tak jarang cake dengan fondant ini juga hadir dengan berbagai bentuk unik seperti tas Hermes, mobil, bahkan bentuk tokoh kartun favorit. Selain fondant, chocolate modeling bisa digunakan untuk melapis cake. Chocolate modeling dibuat dari chocolate yang diproses sedemikian rupa dengan glucose agar teksturnya elastis dan dengan mudah untuk dibentuk. Selain teksturnya yang mirip dengan fondant, citarasa chocolate modeling juga lebih enak dibandingkan dengan fondant. Penasaran ingin membuat sendiri cokelat modeling, simak tips praktis membuat chocolate modeling berikut.




1. Pastikan cokelat sudah terpisah dari minyak atau lemak cokelat agar hasil cokelat lebih kokoh dan mudah untuk dibentuk.

2. Tidak seperti fondant yang cenderung lentur, maka siapkan tenaga ekstra ketika akan menguleni cokelat agar pemerasan minyak cokelat lebih maksimal hasilnya.

3. Semakin lama menyimpan cokelat di kulkas akan lebih mudah dibentuk dan lebih kokoh.

4. Gunakan pisau kecil atau sendok jika ingin mengiris cokelat yang akan dibentuk karena cokelat akan mudah meleleh jika terlalu sering bersentuhan dengan tangan.

5. Jika pada saat menguleni cokelat mulai agak mencair atau lengket, segera beri sedikit tepung maizena. Jangan terlalu banyak juga memberi tepung maizena karena akan meninggalkan noda yang sulit dihilangkan pada cokelat.

6. Pada saat mengaplikasikan chocolate modeling di cake tidak perlu bahan tambahan lainnya. Kecuali jika chocolate modeling terlanjur kering maka cukup tambahkan sedikit cokelat leleh saja untuk merekatkannya.

7. Jika khawatir saat mencairkan cokelat hangus atau menggumpal, coba teknik melelehkan cokelat dengan memasukkannya ke dalam microwave selama 1 sampai 1,5 menit saja.

8. Jika tidak ada bahan corn syrup / glucose, bisa menggantinya dengan simple sirup yang ditambahkan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 0,5 baking soda.