• Novi Amaliyah

Tips Membuat Donat Empuk dan Lembut


Siapa tak suka dengan donat, meski sederhana kudapan manis satu ini banyak penggemarnya. Mulai dari donat murah yang sering dikenal dengan donat kampung, hingga brand donat internasional yang mendunia. Masing-masing memiliki ciri khasnya sendiri. Donat akan lebih nikmat selagi hangat, bahkan waktu maksimal untuk menikmati donat adalah 6 jam setelah donat matang. Lebih dari 6 jam donat masih bisa dinikmati, namun akan berkurang kenikmatannya. Tapi siapa yang akan tahan sampai 6 jam untuk menikmati donat empuk dan hangat dengan taburan gula bubuk maupun cokelet meises.


Yuk, coba membuat donat sendiri di rumah, selain mudah, untuk membuat kudapan ini juga tidak dibutuhkan biaya dan peralatan yang rumit. Berikut tips untuk membuat donat empuk dan lembut. Kamu juga bisa menambahkan kentang untuk mendapatkan aroma kentang yang gurih. Berikut adalah beberapa tips praktis untuk membuat yang empuk dan lembut. Selamat mencoba.


1. Untuk mendapatkan donat dengan tekstur lembut, sebaiknya tepung terigu dicampurkan dengan tepung protein rendah.

2. Pilihlah gula yang mudah larut dalam air, karena gula tidak hanya berfungsi sebagai pemanis, tetapi juga menentukan keempukan dan mempertahankan daya simpan donat.

3. Pergunakan kuning telur lebih banyak dibandingkan dengan putih telur saat membuat donat. Karena selain membuat warna donat menjadi lebih kuning, tekstur donat juga menjadi lebih lembut.

4. Agar donat lebih empuk, jumlah takaran bahan pengembang bisa ditambahkan dari resep biasa.

5. Penggunaan air pada adonan donat juga bisa diganti dengan susu cair agar donat terasa lebih enak.

6. Penambahan garam pada adonan donat sebaiknya dilakukan setelah adonan tercampur rata.

7. Margarine dan mentega adalah lemak yang sering digunakan dalam pembuatan resep donat. Kedua bahan ini membuat tekstur donat menjadi lebih lembut.

8. Untuk menggoreng bisa menggunakan minyak padat agar donat yang dihasilkan tidak berminyak dan permukaannya lebih garing.

© 2019 yukmakan channel