• Maria Yuliana Kusrini

Tips Membuat Kue Lapis Legit


Kue jadi salah satu camilan yang begitu diidolakan oleh banyak orang. Di Indonesia sendiri, ada banyak varian kue yang bisa ditemukan. Aneka pilihan rasa dengan tekstur dan tampilannya yang juga beragam. Lapis legit menjadi salah satu varian kue yang punya citarasa lezat serta sensasi manis gurih yang begitu memanjakan lidah.


Dibuat dengan menggunakan banyak kuning telur, lapis legit juga punya teknik khusus dalam proses pembuatan, khususnya pemanggangannya. Proses pembuatan yang kurang tepat, tentunya akan menghasilkan lapis legit yang kurang sempurna. Begitu juga dengan proses pemanggangan yang tidak tepat juga akan membuat kue lapisnya menjadi lengket, matang tidak merata, atau bisa juga menjadi gosong.


Pakar boga sekaligus penulis buku boga dan juga pengajar boga, Lanny Soechan pun memberikan beberapa tips jitu saat proses memanggang lapis legit. Tentunya, dengan mengikuti beberapa anjuran ini maka lapis legit yang dibuat pun akan sempurna dan memiliki tampilan yang menarik. Berikut ini beberapa tipsnya:


1. Gunakan loyang yang berbahan tebal. Sehingga loyang tidak perlu diolesi lagi dengan mentega ataupun dilapisi kertas anti lengket.


2. Apabila menggunakan loyang dengan bahan yang tidak terlalu tebal, jangan lupa lapisi loyangnya dengan menggunakan kertas anti lengket.


3. Sebelum diisi dengan adonan, loyang terlebih dulu dipanaskan. Setelah loyangnya panas, maka baru masukkan adonan lapis legit ke dalam loyangnya.


4. Saat proses memanggang, cukup panggang kue dengan menggunakan api atas saja selama 5 menit atau sampai matang.


5. Sesudah selesai proses memanggang, api atas segera dimatikan. Lalu baru boleh menggunakan api bawah selama 5 menit.


6. Ketika kuenya sudah matang, jangan langsung dikeluarkan dari loyangnya. Tetapi tunggu dulu sampai kuenya agak dingin, baru kemudian dikeluarkan dari loyangnya.