• Novi Amaliyah

Tips Membuat Martabak Manis Anti Gagal



Ada yang menyebut martabak manis dengan sebutan kue terang bulan. Martabak Manis yang baik ditandai dengan serat-serat yang halus, aroma harum dan gurih dengan warna kuning kecokelatan. Untuk mendapatkan hasil martabak manis berserat dan berongga halus dibutuhkan beberapa teknik dan tips yang harus diperhatikan. Kamu juga perlu memahami beberapa penyebab yang sering terjadi saat membuat salah satu kue favorit masyarakat Indonesia satu ini. Simak tips praktis membuat martabak manis anti gagal berikut. Selamat mencoba.


1. Penyebab kue martabak manis yang dibuat tidak berserat dan berongga ini dikarenakan ragi yang digunakan kurang bagus, waktu fermentasi kurang lama, atau wajan cetakkan martabak yang digunakan kurang panas.

2. Waktu fermentasi untuk mendapatkan tektsur martabak manis yang berserat dan berongga minimal 4 jam.

3. Pastikan wajan cetakkan martabak cukup panas sebelum digunakan.

4. Jika martabak yang dibuat menjadi berkerak tebal dan gosong pada bagian bawahnya ini disebabkan karena api yang digunakan terlalu panas atau wajan cetakkan martabak terlalu tipis.

5. Gunakkan cetakkan martabak manis berbahan besi tempa yang tebal.

6. Jika kue martabak manis terasa seret saat ditelan, ini disebabkan karena margarine yang digunakan kurang atau takaran tepung yang digunakan terlalu banyak.

7. Jangan lupa menutup wajan cetakkan martabak saat dicetak, ini untuk menghindari bagian tengah kue basah dan mentah.

© 2019 yukmakan channel