• Novi Amaliyah

Tips Membuat Scone, Kudapan Minum Teh Dari Inggris



Scone, kudapan ringan asal Inggris ini populer sebagai salah satu kudapan ringan untuk menemani secangkir teh di Inggris. Scone memiliki tekstur yang garing pada bagian luarnya. Penggunaan butter menjadi kunci nikmatnya sepotong scones. Kudapan ringan satu ini lebih nikmat selagi hangat, dimana aroma butter yang wangi menggugah selera. Selain dinikmati dengan secangkir teh, biasanya selai strawberry dan cream menjadi pelengkap menikmati scone. Selain varian manis dengan berbagai paduan buah kering maupun kacang-kacangan. Scone juga bisa dikreasikan savoury dengan memadukan bahan seperti keju maupun ham. Tertarik untuk membuat scone sendiri di rumah, berikut tips-tips praktis membuat scone.


  1. Pastikan bahan lemak dan susu/krim yang akan digunakan dalam keadaan dingin. Bisa disimpan di dalam lemari pendingin/ freezer selama semalam sebelum akan dibuat. Kunci utama adalah butter harus dingin, sehingga ketika dipanggang akan leleh. Ini yang akan membuat permukaan scone menjadi garing dan membentuk lubang didalamnya saat scone mengembang.

  2. Aduk bahan lemak dan tepung menggunakan pastry cutter hingga adonan berbentuk seperti remahan roti. Pada tahap ini hindari adonan sampai butter overmix (butter menjadi sangat halus tercampur dengan tepung), adonan menjadi lengket. Hindari mengaduk adonan dengan tangan. Telapak tangan menghantarkan panas dan membuat butter cepat meleleh yang bisa mengakibatkan scone bertekstur keras.

  3. Cara termudah bisa menyimpan butter kedalam freezer sampai beku, kemudian diparut dengan parutan keju dalam adonan tepung, aduk sampai butter terlumuri tepung.

  4. Dinginkan adonan scone sebelum dipanggang sekitar 5-10 menit. Adonan dingin + suhu oven yang tinggi membuat scone makin garing dan renyah.

  5. Setelah adonan cairan masuk ke adonan tepung+butter, aduk adonan dengan cairan hanya sampai asal menyatu saja jangan sampai overmix.

  6. Taburi meja dengan sedikit tepung untuk memimihkan adonan scone. Potong sesuai selera, bentuk segitiga atau bulat dengan cookie cutter.

  7. Tata scones diloyang saling berdekatan, supaya apabila kena panas oven akan membuat scone naik keatas, bukan melebar ke samping, makin berdekatan maka makin naik.

  8. Supaya lebih cantik olesi permukaan scone dengan susu cair dan kuning telur.


© 2019 yukmakan channel