• Maria Yuliana Kusrini

Tips memilih lobster

Suka makan lobster dan berencana ingin memasak sendiri di rumah? Nah sebelumnya, perlu diketahui terlebih dulu mengenai cara memilih lobster yang pas. Dan berikut ini beberapa bocorannya.

1. Lobster Betina

Lobster betina lebih sering dijadikan incaran, jika dibandingkan lobster jantan. Pertimbangannya, karena lobster betina lebih empuk dan lebih banyak dagingnya. Itu karena lobster betina memiliki bagian ekor yang lebih lebar untuk menyimpan telur. Sedangkan lobster jantan bagian ekornya lebih kecil dan sedikit keras. Jadi untuk membedakannya, lihat saja pada bagian ekornya.


2. Segar dan Warna Bagus

Pilihlah lobster segar dengan warna yang masih bagus. Warna biru kehijauan untuk pilihan lobster yang hidup di air dingin (lobster maine). Sedangkan untuk lobster yang hidup di air hangat, berwarna merah atau oranye.


3. Perhatikan Bagian Kepalanya

Pilihlah lobster maine yang memiliki antena rata-rata panjangnya 2 inci. Lobster ini memiliki ukuran relatif besar dan terdapat kandung kemih berbentuk bulat yang berada di kedua sisi kepala. Lobster memiliki kandung kemih secara internal dan berbentuk seperti antena yang mencapai sepanjang 6 inci.


4. Pelajari Tipe Tubuh

Lobster Maine memiliki tiga pasang kaki, di sampingnya terdapat dua asimetris besar yang dirancang untuk menangkap serta merobek. Lobster tidak memiliki cakar.


5. Sesuaikan Dengan Rasa yang Diinginkan

Lobster berduri dan Lobster Maine ternyata akan menghasilkan citarasa yang berbeda ketika dimasak. Jika ingin mendapatkan lobster dengan rasa agak manis dan beraroma laut, maka pilihlah lobster maine. Sedangkan untuk lobster berduri, biasanya bercitarasa hambar. Perbedaan rasa di antara keduanya itu karena dari hasil diet mereka dan biasanya bersifat anatomi karena berada di lokasi geografis.


Nah itu dia sedikit tips untuk memilih lobster. Setelah sukses memilih lobster yang tepat, saat memasaknya, jangan lupa cicipi daging lobsternya ya!



© 2019 yukmakan channel