• Novi Amaliyah

Tips Menggoreng Kentang Goreng Renyah Ala Restoran Cepat Saji

Kentang goreng alias French Fries bisa dibilang menjadi salah satu camilan favorit semua orang. Saking populernya, kudapan satu ini tersedia dalam bentuk beku yang praktis untuk diolah sendiri di rumah.


Foto.Dok.Pixabay

Meski terlihat sederhana dan mudah ternyata untuk mendapatkan tekstur kentang goreng yang renyah seperti di restoran cepat saji di rumah tidaklah mudah. Kadang kentang goreng jadi terlalu kering atau bahkan terlalu basah. Kentang goreng dikatakan sempurna jika memiliki tekstur yang kering dan garing pada bagian luar, lembut pada bagian dalam, dan beraroma menggugah selera. Kentang goreng memang menjadi salah satu comfort food semua orang.


Jet Tila, Celebrity Chef asal Amerika yang dikenal dalam program Iron Chef Amerika dan Dr. Arielle Johnson seorang ilmuwan makanan berkolaborasi dan berbagi teknik untuk membuat kentang goreng sempurna berdasarkan ilmu pengetahuan. Ternyata ada beberapa cara untuk mendapatkan kentang goreng yang sempurna, di antaranya adalah dengan tidak mengupas bagian kulitnya, pilihan ini bergantung pada selera masing-masing. Ada yang lebih suka kentang goreng yang masih ada kulitnya. Itu karena kulit kentang bisa memberikan tekstur yang menjadi kering dan garing pada hasil akhirnya. Pastikan kentang dengan kulit dicuci bersih sebelum digoreng.


Ada beberapa trik yang harus dilakukan jika kamu ingin membuat kentang goreng sendiri dari kentang segar. Pertama, lapisi pisau dengan minyak agar kentang tidak menempel satu sama lain saat dipotong. Masukkan kentang yang sudah dipotong ke dalam mangkok berisi air dingin. Proses ini akan membantu kentang melepaskan banyak pati. Kemudian bilas kentang, keringkan dengan handuk atau tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan air.


Rahasia lain untuk mendapatkan kentang goreng renyah lainnya yang penting adalah pada teknik penggorengannya. Sebelum digoreng dengan teknik deep fry, lakukan proses pra memasak dengan menggoreng kentang sesaat atau sekitar 5 menit, kemudian tiriskan dan biarkan dingin. Goreng kembali kentang hingga matang saat akan disajikan dan masak selama sekitar 5 menit. Kemudian tiriskan minyak dan biarkan dingin. Jangan lupa untuk mengeringkannya sebelum disantap. Sebaiknya menggunakan minyak padat untuk menggoreng kentang agar hasilnya kentang lebih garing dan renyah. Selamat mencoba.

© 2019 yukmakan channel