• Novi Amaliyah

Tips Menggoreng Kerupuk Kulit Mengembang Sempurna



Kerupuk, siapa tak suka camilan satu ini. Kerupuk memang jadi pelengkap setiap sajian Nusantara. Kerupuk, khususnya kerupuk rambak atau kerupuk kulit bahkan sudah ada sejak abad ke-9, camilan satu ini mudah dijumpai di warung-warung. Di Rumah Makan Padang, kerupuk kulit seolah jadi pelengkap wajib menikmati sajian masakan Padang. Coba kerupuk kulit yang disiram dengan kuah gulai ikan atau gulai ayam, sedapnya.


Jika dibandingkan dengan kerupuk jenis lain, harga kerupuk kulit memang lebih mahal. Mengingat kerupuk satu ini menggunakan kulit sapi yang diolah dan dikeringkan sedemikian rupa menjadi kerupuk. Proses pembuatannya memang sedikit lebih panjang dibandingkan dengan kerupuk aci biasa. Agar puas menikmati kerupuk kulit kamu bisa menggoreng sendiri di rumah.

Meski terlihat sederhana, menggoreng kerupuk kulit butuh trik sederhana agar kerupuk kulit yang kamu goreng mengembang dengan sempurna dan renyah. Berikut tips menggoreng kerupuk kulit, selamat mencoba!.


1.Gunakan minyak dalam jumlah yang banyak untuk menggoreng. Pastikan semua bagian kerupuk yang akan digoreng terendam sempurna.

2. Bisa juga menggunakan minyak padat untuk menggoreng. Karena minyak padat membuat aneka gorengan menjadi lebih renyah dan garing.

3. Panaskan minyak, pastikan minyak benar-benar panas sebelum memasukkan kerupuk ke dalamnya.

4. Goreng kerupuk secara bertahap agar semua bagian terendam minyak sehingga kerupuk tidak bantet.

5. Ketika sudah benar-benar panas, jaga panas minyak dengan api sedang. Hindari minyak menjadi telalu panas berlebihan, karena jika terlalu panas kerupuk justru akan sulit mengembang.

6. Selesai digoreng, tiriskan terlebih dahulu dan biarkan uap panasnya hilang.

7. Simpan dalam wadah kedap udara agar terjaga kerenyahannya.

© 2019 yukmakan channel