© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Tips Mengolah Bebek Renyah & Berdaging Lembut


Menghadirkan sajian bebek bercitarasa lezat dengan tekstur lembut di dalam dan renyah di bagian luarnya, tentu jadi dambaan setiap orang. Meski secara teorinya terlihat mudah, namun ternyata tidak seperti yang dibayangkan. Untuk itu, berikut ini tips menarik dalam mengolah bebek peking rumahan menurut Chef Chandra Yudasswara. Dengan mengikuti tips ini semoga bisa menghadirkan olahan bebek lezat untuk keluarga di rumah.


1. Untuk membuat sensasi renyah di bagian kulitnya namun tetap lembut pada dagingnya, maka bebek dimarinasi terlebih dahulu dengan menggunakan rempah.

2. Setelah dimarinasi, bebek dapat disteam atau dibraised. Cara dengan dimasak sebentar di atas wajan datar menggunakan suhu tinggi.

3. Selanjutnya, panggang kembali bebek yang sudah dibraised dengan temperatur medium atau sekitar 160°C.

4. Agar bebek semakin terasa renyah, proses penganginan jadi salah satu proses yang penting. Dikatakan chef yang akrab disapa Chandra itu, proses mengangin-anginkan ini membutuhkan waktu hingga 4 jam.

5. Proses terakhir yang harus dilakukan saat selesai mengangin-anginkan adalah menyiram minyak panas ke seluruh permukaan bebeknya. Minyak panas yang disiramkan dapat semakin merenyahkan kulit luar bebek peking.


Nah.. kini bebek yang renyah dan nikmat ini tidak hanya bisa dimakan di restoran mewah saja, tapi juga bisa dibuat sendiri di rumah. Untuk semakin melengkapi hidangannya, sajikan bebek peking bersama nasi gurih atau nasi hainam beserta tumisan sayur kailan atau irisan timun segar. Bagi yang suka dengan rasa pedas, bebek peking juga bisa disantap bersama sambal bawang jahe khas pelengkap nasi hainam.