• Maria Yuliana Kusrini

Tips Mengolah Teripang atau Hoisom

Penyuka sajian Chinese tentunya sudah tidak asing dengan masakan yang menggunakan teripang atau hoisom sebagai bahan utamanya. Teripang biasanya memiliki tekstur yang kenyal dan citarasa nan unik. Tapi jika diolah dengan cara yang salah, teripang ternyata dapat menyebabkan keracunan atau alergi bagi penikmatnya lho.

Untuk itu perlu diperhatikan beberapa hal agar teripang yang dimasak aman saat dikonsumsi. Nah, berikut ini beberapa hal atau tips yang perlu diperhatikan saat hendak mengolah teripang menurut Chef Mohammad Zaini selaku Sous Chef Hotel Millennium Sirih Jakarta.


1. Untuk membersihkan, bakar teripang lebih dulu. Setelah semuanya terbakar sempurna, baru rebus teripang dengan menggunakan air mendidih selama beberapa jam.

2. Setelah direbus, angkat teripang dan cuci menggunakan air mengalir sampai teripang benar-benar bersih. Kalau perlu ulangi pencucian ini sampai beberapa kali.

3. Masak hoisom menggunakan bumbu dan rempah dalam jumlah banyak. Misalnya saja menggunakan bawang putih yang sudah digoreng, jahe, daun bawang, dan lainnya.


“Supaya teripang tidak menimbulkan keracunan ataupun alergi saat dikonsumsi, proses pengolahan atau memasaknya haruslah benar. Kuncinya, sebelum dimasak teripang harus benar-benar dalam keadaan bersih,” ungkap Chef Zaini.

© 2019 yukmakan channel