© 2019 yukmakan channel

  • Maria Yuliana Kusrini

Tips Merawat Perkakas Dapur

Terciptanya sajian yang lezat dan sehat tidak hanya didasari pada pemilihan bahan berkualitas dan proses pembuatannya yang tepat. Tetapi penggunaan perkakas atau peralatan dapur yang bersih juga memiliki peran juga pada hasil masakan. Apabila perkakas yang digunakan tidak benar-benar bersih, pastinya juga akan berefek kurang baik pada masakan yang dibuat.


Nah untuk itu, menjadi sebuah hal penting untuk menjaga dan memperhatikan kondisi dari perkakas dapur yang dimiliki. Khususnya untuk peralatan elektronik, juga membutuhkan beberapa perhatian khusus agar kebersihannya terus terjaga dan awet digunakan. Dan berikut ini tips merawat perkakas elektronik dapur yang dimiliki.


Rice Cooker

Perkakas satu ini pasti dimiliki oleh setiap keluarga di rumah dan selalu digunakan setiap hari. Nah, supaya perkakas ini selalu bersih dan awet, bisa membersihkan bagian luar rice cooker dan tutup bagian dalamnya dengan menggunakan lap basah. Kemudian mengulanginya lagi dengan lap kering berbahan lembut, sehingga tidak merusak rice cookernya.


Usai digunakan, rendam wadah bagian dalam rice cooker dengan menggunakan air hangat, supaya kerak nasi terangkat dan tidak menempel. Kemudian cuci menggunakan sponge lembut supaya tidak merusak permukaan wadah. Jangan lupa juga untuk membuah sisa air pembuangannya dan membersihkan tempatnya ya!


Blender

Perkakas satu ini pun sangat membantu saat hendak membuat jus ataupun bumbu halus. Setelah digunakan, cuci hingga bersih tabung dan bladenya dengan menggunakan sabun dan air bersih. Pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal atau menempel di sana. Sedangkan untuk bagian mesinnya, bisa dibersihkan dengan menggunakan lap basah kemudian menggulanginya dengan lap kering.


Mixer

Mereka yang gemar membuat roti dan sejenisnya, tentu sangat bersahabat baik dengan perkakas satu ini. Usai menggunakannya, bersihkan badan mixernya dengan lap basah hingga bersih, kemudian ulangi lagi dengan lap kering. Cuci pemutar adonannya lalu cuci dengan air sabun hingga ke bagian sela-selanya. Bisa gunakan sikat halus untuk memudahkan saat mencuci. Setelahnya, bisa rendam dengan menggunakan air hangat untuk memastikan tidak ada adonan yang tertinggal, sambil disikat menggunakan sikat lembut.


Kompor Listrik

Tidak hanya kompor gas saja yang butuh diperhatikan kebersihannya, kompor listrik pun juga perlakuan yang sama. Bersihkan kompor listrik dengan menggunakan lap yang sudah dibasahi sedikit air setiap kali habis digunakan. Kemudian, ulangi lagi dengan menggunakan lap kering.