• Novi Amaliyah

Tips Praktis Membuat Banana Cake



Banana cake, cake satu ini merupakan salah satu jenis kue dalam kategori heavy dough atau cake dengan adonan padat. Konon cake ini berawal dari Amerika latin karena melimpahnya buah pisang dan menjadi kudapan manis yang populer di sana. Di Mexico sendiri banana bread menjadi salah satu kudapan manis yang populer.


Cake satu ini juga tergolong mudah cara pembuatannya, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapat. Kamu bisa menggunakan pisang Ambon yang cukup mudah didapat serta memiliki aroma wangi yang khas, atau bisa juga menggunakan pisang raja, barangan atau pisang tanduk.


Jenis pisang yang digunakan akan memberikan aroma dan tekstur yang berbeda. Pisang ambon memiliki kandungan kadar air lebih banyak sehingga kue yang dihasilkan kurang tahan lama namun pisang ambon memiliki kelebihan memiliki aroma yang khas. Sedangkan pisang raja dan tanduk lebih sedikit kandungan airnya namun memiliki aroma yang kurang wangi bila dibandingkan dengan pisang ambon.


Untuk sukses membuat banana cake gunakan buah pisang asli karena bahan ini harus dominan, setidaknya 30% dari total adonan atau seimbang dengan jumlah tepung terigu yang digunakan. Karena jika jumlah pisang berlebih adonan pisang di dalamnya akan turun karena terlalu banyak kandungan pisang di dalamnya.

Berikut tips praktis membuat banana cake.


Tips-tips:


1. Proses pemanggangan harus dilakukan serentak agar pengembangan sempurna


2. Untuk mendapatkan warna cake pisang yang cerah bisa menambahkan perasan air jeruk nipis ± 1 sdt


3. Pilih pisang ambon yang sudah matang (dalu) tapi bukan busuk untuk mendapatkan aroma yang wangi.


4. Pisang ambon memiliki serat yang halus, sedangkan pisang raja atau uli baik digunakan untuk filling/potongan. Kalau digunakan untuk adonan bisa membuat adonan mengendap.


5. Bisa juga menambahkan potongan buah kering atau kacang-kacangan untuk memberikan tekstur pada banana cake.


Foto: Dok.Pixabay

© 2019 yukmakan channel