• Novi Amaliyah

Tips Praktis Membuat Kakiage, Gorengan Ala Jepang



Kakiage adalah jenis tempura atau gorengan yang populer di Jepang, terutama sebagai kudapan ringan di rumah. Gorengan mirip dengan bakwan ini berisi aneka sayuran berisi daun bawang, wortel, bawang bombai, seledri. Kamu bisa juga menambahkan seafood seperti udang, kerang atau ikan maupun jamur agar lebih enak, di Jepang biasanya juga menambahkan akar burdock.


Perbedaan utama antara kakiage dan bentuk tempura lainnya adalah telur utuh digunakan untuk konsistensi adonan dan rasa yang lebih enak. Kakiage sering disajikan di atas semangkuk nasi hangat. Perfecture Shizuoka adalah daerah yang memiliki keistimewaan untuk menikmati kakiage otentik Jepang, jadi kalau berkesempatan mengunjunginya. Jangan lupa mencoba kakiage. Atau kamu bisa mencoba membuat kakiage sendiri di rumah. Berikut tips praktis membuat kakiage ala Jepang.


  1. Selalu campur adonan tempura dengan sumpit atau sendok, jangan pernah diaduk. Mencampur adonan secara berlebihan bisa membuatnya menjadi berat.

  2. Gunakan air es untuk membuat adonan tempura lebih menempel dan menyerap lebih sedikit minyak.

  3. Pastikan minyak harus panas sebelum memasukkan menggoreng adonan kakiage. Coba terlebih dahulu dengan sedikit adonan untuk memastikan minyak sudah panas.

  4. Sayuran dan makanan laut harus dipotong dengan ukuran yang sama untuk menciptakan tekstur yang konsisten. Bisa menggunakan pisau serut untuk mendapatkan ukuran yang sama.

  5. Jika ingin menyimpan tempura yang lebih renyah, goreng dalam ukuran yang lebih kecil dan bagian dalamnya akan matang sepenuhnya.

  6. Tiriskan semua minyak berlebih setelah digoreng. Segera sajikan, karena kakiage lebih nikmat selagi hangat.

  7. Jika masih tersisa, bisa memanaskannya lagi dengan menggoreng ke dalam minyak panas selama 30 detik untuk membuatnya renyah kembali.

© 2019 yukmakan channel