• Novi Amaliyah

Tips Praktis Membuat Mooncake


Festival mooncake atau dikenal juga dengan The Mid-Autumn Festival atau dengan Moon Festival atau Zhongqiu Festival yang dirayakan pada hari ke lima belas bulan ke delapan pada penanggalan Cina. Pada perayaan ini Mooncake atau kue bulan menjadi kue wajib untuk merayakan Moon Festival. Beberapa bakery hingga hotel biasanya menyajikan aneka mooncake dengan kemasan yang menarik dan eksklusif agar menarik pelanggan.


Jika tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah, tak perlu khawatir gagal ketika membuatnya. Sekilas mooncake seperti pia, namun pada pia adonan kulit lebih tebal dengan isian kacang hijau. Sedangkan pada mooncake adonan isi justru lebih banyak dengan bagian kulit yang tipis dan mengkilat. Biasanya pada mooncake klasik, kacang merah menjadi fillingnya ditambah dengan bagian kuning dari telur asin hingga aneka paduan kacang-kacangan. Berikut tips praktis membuat Mooncake. Selamat mencoba dan selamat merayakan Moon Festival.

Tips membuat Mooncake

  1. Timbang adonan kulit dan adonan isi mooncake agar memiliki besar yang sama dan seragam.

  2. Pastikan adonan menutup seluruh permukaan cetakkan dan tidak ada bagian isi yang keluar.

  3. Saat mengetuk cetakan, sebaiknya lakukan sebanyak empat kali saja. Satu kali pada bagian atas, bagian samping kanan serta kiri, dan pada tangkai cetakan. Dengan ketukan kuat, Mooncake akan mudah terlepas dari cetakan dengan sempurna.

  4. Jika kita berkali-kali mengetuk cetakan dengan kekuatan sedang, hasil cetakan akan pecah. Bahkan filling bisa terburai keluar.

  5. Saat menekan-nekan adonan ke dalam cetakan, pastikan seluruh sudut terisi adonan dengan rata. Jangan lupa meratakan bagian atas cetakan atau nantinya setelah tercetak bentuk Mooncake menjadi dasarnya. Jika bagian dasar tidak rata, mengakibatkan Mooncake tidak bisa berdiri kokoh dengan sempurna.

  6. Selalu beri sedikit tepung terigu untuk melapisi cetakan sebelum dipergunakan mencetak adonan. Buang sisa lapisan tepung.

  7. Jika adonan agak terasa lengket pada saat mencetak, bisa sedikit membubuhkan tepung terigu di tangan atau adonan yang dibulatkan.

  8. Saat memberikan olesan kuning telur, biarkan uap panasnya hilang terlebih dulu. Karena kalau langsung dioles permukaan Mooncake bisa pecah-pecah.

  9. Campur kuning telur dengan sedikit air sebagai bahan polesan. Air berguna membuat permukaan Mooncake lebih mengkilat.

  10. Oleskan kuning telur tipis-tipis, karena jika terlalu tebal akan membuat permukaan/kulit Mooncake akan lebih cepat matang, dan cenderung menjadi gosong.

  11. Agar cetakan Mooncake yang terbuat dari kayu tak gampang rusak atau jamuran, selesai membuat Mooncake, segera cuci, tiriskan hingga benar-benar kering. Simpan cetakan Mooncake yang di dalam plastik vakum atau plastik biasa yang diberi silica gel agar tidak jamuran.

© 2019 yukmakan channel