• Novi Amaliyah

Tips Praktis Membuat Nasi Dari Kembang Kol


Cauliflower Rice atau nasi dari kembang kol, belakangan menu satu ini mendadak populer dan banyak digemari oleh mereka yang menganut gaya hidup sehat. Berbagai catering sehat bahkan restoran dan café yang menghadirkan menu satu ini.


Di Indonesia sayur satu ini memang kurang begitu populer untuk dijadikan olahan istimewa. Kembang kol biasanya hanya dijadikan sayur pelengkap untuk capcay maupun tumisan. Siapa sangka sayuran sederhana tanpa citarasa ini ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Itulah mengapa kembang kol jadi populer dan dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Kembang kol mengandung kandungan karbohidrat namun rendah kalori karena itu banyak dipilih oleh mereka yang tengah melakukan diet penurunan berat badan atau pun mereka yang memilih asupan karbohidrat lebih sehat.

Dalam satu cangkir kembang kol mentah mengandung 25 kalori dan 5 gram karbohidrat serta mampu menyediakan 77% kebutuhan vitamin C harian seseorang, 20% kebutuhan vitamin K harian, dan 10% atau lebih vitamin B6 dan kebutuhan harian folat. Selain itu, kembang kol adalah sumber kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang baik bagi tubuh. Artinya kembang kol punya banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Kamu bisa mencoba untuk membuat nasi dari kembang kol sendiri di rumah. Untuk membuatnya cukup mudah. Berikut tips praktis membuat nasi dari kembang kol. Selamat mencoba!

1. Cuci seluruh bagian bonggol kembang kol, kemudian keringkan menggunakan handuk bersih atau tisu dapur. Ini untuk mencegah nasi menjadi lembab dan mudah berjamur jika akan disimpan dalam beberapa waktu.


2. Potong menjadi empat bagian besar agar memudahkan saat diparut.


3. Gunakkan parutan keju untuk memarut kembang kol. Lubang berukuran sedang yang biasa digunakan untuk memarut keju cenderung menghasilkan potongan-potongan yang paling mirip dengan tekstur nasi. Bisa juga menggunakan food processor.

4. Setelah diparut, buang sisa air dengan menekannya ke dalam mangkuk penyerap dengan menggunakan tisu dapur.

5. Nasi kembang kol paling baik dimakan dalam keadaan segar. Meskipun begitu nasi kembang kol ini dapat disimpan dalam lemari es hingga 5 hari namun ini dapat menimbulkan bau belerang yang kurang menyenangkan. Sebaiknya buat seperlunya saja sebelum dikonsumsi.

6. Jika kurang suka mengonsumsi dalam keadaan segar bisa ditumis sebentar, tambahkan bumbu-bumbu untuk menambah aroma nasi kembang kol jadi lebih sedap. Memasak dan membekukannya dapat membatasi bau belerang. Nasi kembang kol dapat dibekukan dengan aman hingga 12 bulan.

© 2019 yukmakan channel