• Novi Amaliyah

Tips Praktis Membuat Salad Dressing


Salad, sajian berupa paduan aneka warna dan jenis sayur adalah salah satu menu sehat yang cukup praktis dan mudah disajikan. Kamu bisa memilih aneka sayuran favorit untuk dijadikan salad. Yang menjadikan semangkuk salad enak untuk dikonsumsi adalah paduan dressing atau saus. Kamu bisa berkreasi membuat salad dressing, dari yang klasik hingga fusion tinggal sesuaikan saja dengan seleramu. Berikut tips praktis membuat salad dressing di rumah. Selamat mencoba!


  1. Sebagian besar salad dressing terbuat dari kombinasi minyak zaitu dan cuka, gunakan takaran yang seimbang untuk menambah kekayaan dan ketajaman citarasa yang dihasilkan.

  2. Minyak dan cuka yang dicampur bersama-sama akan terpisah secara alami, tetapi beberapa zat akan membuatnya saling menempel, atau teremulsi sehingga bisa memberikan citarasa yang nikmat pada salad.

  3. Untuk dressing vinaigrette khas Prancis yang klasik, gabungkan tiga bagian minyak dengan satu bagian cuka. Biasanya cuka anggur atau cuka sari buah. Tuang ke dalam wadah kaca. Tambahkan mustard untuk membantu menyatukannya, garam dan merica secukupnya. Kemudian kocok atau tutup rapat-rapat dan kocok hingga tercampur rata. Cicipi dan sesuaikan dengan selera.

  4. Untuk dressing creamy seperti mayones, gunakan double cream atau kuning telur yang dapat digunakan sebagai pengemulsi untuk saus lebih lembut. Bumbui saus dengan bumbu lembut favorit, bisa gunakan peterseli, mint, daun bawang, basil atau sedikit bawang putih.