• Novi Amaliyah

Tips Praktis Membuat Saus Karamel



Saus karamel adalah paduan yang pas untuk menikmati es krim, cake, pie hingga bread pudding. Kamu bisa mencoba untuk membuat sendiri saus karamel maupun salted caramel yang lezat di rumah. Selain bahannya mudah didapat, proses pembuatannya juga relatif mudah. Namun untuk sukses membuat saus karamel kamu juga perlu memperhatikan langkah-langkah membuat saus karamel yang tepat. Berikut tips praktis untuk membuat saus karamel yang bisa kamu ikuti. Selamat mencoba!


1. Kunci untuk membuat saus krim karamel adalah, hindari mengaduk campuran gula dan air begitu mulai mendidih. Karena akan membuat tekstur karamel tidak halus dan berbutir. Setelah karamel terbentuk segera tambahkan butter.

2. Perhatikan dengan seksama saat karamel berubah warna menjadi gelap dan gelembung akan melambat, campuran akan terlihat lebih tebal.

3. Tambahkan sejumput garam ke karamel yang akan memberikan rasa yang seimbang. karena garam melawan rasa pahit gula yang sangat karamel. Bisa juga menambahkan lebih banyak garam untuk membuat salted caramel. Tambahkan 1/4 sendok teh garam untuk rasa lembut, atau 1/2 sendok teh untuk rasa saus karamel asin yang berani.


© 2019 yukmakan channel