• Novi Amaliyah

Tips Praktis Membuat Selai di Rumah


Selai aneka buah adalah pasangan yang tepat untuk menikmati setangkup roti untuk sarapan. Meski mudah ditemukan di pasaran, terkadang selai produksi masal memiliki rasa yang kurang nikmat. Kamu bisa membuat selai sendiri di rumah, apalagi jika kamu punya stok buah segar yang melimpah dan bosan jika dikonsumsi begitu saja. Berikut tips praktis membuat selai buah di rumah.


1. Selalu gunakan buah segar yang tidak rusak. Menggunakan buah tidak segar akan membuat kualitas selai yang kurang baik dan cepat rusak.


2. Kesegaran buah mempengaruhi hasil jadi selai dan tekstur yang dihasilkan. Karena zat pektin yang terdapat di dalam buah. Ketika dimasak pektin yang bercampur dengan gula serta zat asam dari buah secara alami mengentalkan dan membuatnya jadi lebih awet. Beberapa buah yang mengandung zat pektin tinggi antara lain jeruk, blackberry, apel, dan red currant. Buah lunak, seperti buah persik, memiliki kadar lebih rendah. Jika buah-buahan rendah pektin, maka perlu ditambahkan buah-buahan yang memiliki zat pektin yang lebih tinggi. Tambahkan air perasan jeruk lemon akan membantu selai lebih mudah set. Bila memungkinkan, gunakan buah yang sedikit kurang matang ketika kadar pektin berada pada tingkat tertinggi.


3. Gunakan gula pasir atau pengawet makanan. Gula pasir juga bisa digunakan untuk buah-buahan dengan zat pektin yang tinggi. Menggunakan gula sebagai pengawet memang jadi lebih mahal kalau dihitung sebagai ongkos produksi tetapi gula dapat membantu mengatur buah-buahan rendah pektin tanpa perlu menambahkan air jeruk lemon. Namun selalu pastikan gula larut dengan sempurna sebelum dididihkan. Jika tidak, hasilnya akan kasar.


4. Pastikan semua peralatan yang digunakan dalam keadaan bersih.


5. Jangan membuat selai dalam jumlah yang banyak secara bersamaan. Pembuatan dalam jumlah buah dan gula yang banyak akan membutuhkan waktu yang lama untuk set dan bisa membuat selai buah pecah.


6. Wadahkan piring kecil ke dalam lemari es selama 15 menit untuk menguji selai saat sudah set. Tuangkan sesendok selai panas dalam wadah kemudian simpan dalam lemari es selama 5 menit. Hindari agar tidak terlalu lama saat memasak saat membuat selai karena bisa membuat selai hangus dan buahnya terlalu hancur.


7. Buang uap yang muncul saat dimasak setelah sesaat sudah matang dan set, tambahkan sedikit butter dan aduk hingga rata.

© 2019 yukmakan channel