• Novi Amaliyah

Tips Praktis Mengolah Lidah Ala Chef Renatta Moeloek


Lidah sapi adalah salah satu bagian dari sapi yang selain enak untuk diolah, harganya juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan daging. Meski harganya relatif lebih murah bukan berarti sajian lidah tidak berkualitas. Sajian lidah bahkan menjadi salah olahan klasik yang memiliki penggemarnya sendiri. Sebut saja Steak Lidah, Semur Lidah dan beberapa olahan klasik istimewa lainnya. Baru pertama kali ingin mengolah sajian lidah dan takut gagal? Coba tips mengolah lidah praktis dari Chef Renatta Moeloek berikut.


Pilih Yang Segar

Lidah memiliki umur simpan yang lebih singkat, sebaiknya beli lidah yang segar. Jika sudah membeli dalam keadaan beku, lunakkan lidah terlebih dulu sebelum diolah. Cara memilih lidah yang segar adalah yang berwarna putih, tidak lembek dan bertekstur kenyal.

Jangan pilih lidah sapi yang berlendir dan jika ditekan teksturnya tidak kembali ke bentuk semula. Pilih bagian pangkal atau yang dekat dengan tulang karena tekstur akan lebih empuk dan lebih gurih.


Cara Merebus Lidah

Rebus lidah sapi menggunakan air dingin. Pastikan semua bagian lidah terendam, kemudian rebus hingga mendidih dengan api besar.

Setelah mendidih, segera kecilkan api. Masak lidah ± 1 jam hingga empuk.

Setelah itu kupas bagian kulit arinya.


Proses menghilangkan bau amis pada lidah sapi

Lidah memiliki bau amis yang khas, untuk menghilangkannya bisa menggunakan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Ini dilakukan pada saat proses perebusan lidah sapi, agar rasanya semakin gurih bisa ditambahkan garam dan merica ataupun daun salam.

© 2019 yukmakan channel