• Novi Amaliyah

Tips Sederhana Makan Sehat Setelah Berpuasa


Setelah Lebaran biasanya banyak yang mengeluhkan kenaikan berat badan. Lebaran memang jadi momen menikmati berbagai sajian lezat istimewa yang setiap keluarga menyajikan menu andalan masing-masing. Sajian ini jadi istimewa lantaran dinikmati dengan sanak keluarga yang jarang ditemui di waktu-waktu biasa dan yang membuat istimewa sajian Lebaran biasanya juga hanya dibuat saat lebaran seperti Ketupat lengkap dengan Opor Ayam, Gulai maupun Rendang. Sajian yang cukup berat dan berkalori.


Sekarang saatnya kamu mengatur kembali pola makan agar berat badan tidak jadi berlebihan. Selain mengatur pola makan,kamu juga harus melakukan olahraga secara teratur agar tubuh tetap bugar dan fit. Berikut tips sederhana mengatur pola makan sehat agar tubuh kamu tetap bugar dan fit.


1. Perhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang seperti karbohidrat, protein, sayuran dan buah-buahan. Kalau selama Lebaran kamu terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, coba kurangi jumlah asupan karbohidrat untuk mengembalikan berat badan normal.


2. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah karena keduanya kaya serat dan nutrisi.


3. Pilih konsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum, atau kamu juga bisa memilih ubi sebagai sumber karbohidrat yang lebih sehat. Karbohidrat kompleks akan akan membantu kamu kenyang lebih lama.


4. Pilih menu-menu sederhana tapi kaya serat dan vitamin. Seperti sayuran sederhana seperti mentimun, tomat, dan brokoli. Untuk protein hewani bisa memilih daging ayam yang dikukus atau dipanggang agar lebih sehat.


5. Hindari memperbaiki pola makan yang secara ekstrem. Karena ini justru akan berdampak besar pada ritme tubuh justru akan membuat kamu jadi mudah lapar. Perbaiki pola makan secara bertahap dan kontinyu.

© 2019 yukmakan channel